Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 temanya yaitu tentang Lingkungan Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari mata pelajaran PKN, Bahasa Indonesia dan IPS.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif tanggapan sehingga sanggup dijadikan rujukan dalam mencar ilmu untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif tanggapan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 23-29
Bali sangatlah populer hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali mempunyai potensi pariwisata, menyerupai wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 tempat kota.
Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan populer sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo Membaca
Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu tempat berbeda dengan tempat lain. Mata pencaharian penduduk di tempat pesisir pantai berbeda dengan penduduk di tempat dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak klarifikasi berikut.
1. Penduduk di tempat pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
2. Penduduk di tempat dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di tempat dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, contohnya teh, kopi, dan cengkeh.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga mempunyai mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama sahabat sebangkumu.
Tuliskan risikonya pada tempat yang disediakan.
1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?
Alternatif Jawaban :
Penduduk di suatu tempat cenderung memanfaatkan kekayaan alam di tempat tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kekayaan alam suatu tempat dengan tempat lain berbeda, menjadikan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya.Selain itu, keadaan lingkungan suatu tempat juga memengaruhi jenis pekerjaan penduduknya.
2. Mengapa penduduk di desa dan di kota mempunyai mata pencaharian yang berbeda?
Alternatif Jawaban :
Masyarakat di desa bekerja sebagai petani alasannya yaitu banyak lahan pertanian yang tersedia. Sedang penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa alasannya yaitu di kota merupakan sentra pemerintahan dan perdagangan.
3. Apa perbedaan petani di tempat dataran rendah dan petani di tempat dataran tinggi?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan petani di tempat dataran rendah dan petani di tempat dataran tinggi terletak pada flora yang mereka tanam. Petani di tempat dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di tempat dataran tinggi menanam sayuran menyerupai kol, wortel, bawang, dan kubis.
4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.
Alternatif Jawaban :
Pekerja jasa yaitu orang-orang yang memperlihatkan pelayanan sesuai keahlian yang dimiliki. Contoh dari pekerja jasa yaitu, dokter, guru, penjahit, konsultan, dan pengacara.
1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah sahabat yang tempat tinggalnya bersahabat dengan rumahmu.
2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?
3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.
4. Buatlah laporan sederhana menurut hasil pengamatanmu. Buatlah menyerupai pola berikut.
5. Kumpulkan risikonya kepada guru.
Contoh Jawaban untuk menciptakan laporan hasil pengamatan lingkunngan tempat tinggal
Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Widodo
Kelas : VI A
Alamat : Cirebon
1. Nama tempat tempat tinggalku :Jawa Barat
2. Tempat tinggalku termasuk daerah: Dataran rendah
3. Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalku :Petani, Pedagang, Peternak buruh, dan pegawai kantoran
4. Transportasi penduduk di lingkungan tempat tinggalku : Motor, Mobil, dan Becak
5. Kesenian di lingkungan tempat tinggalku :Seni tari
Saat libur sekolah, Dayu dan keluarganya berlibur ke rumah nenek. Rumah nenek Dayu berada di Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Dayu bahagia menghabiskan waktu bersama neneknya. Nenek Dayu suka bercerita. Kali ini, nenek Dayu akan menceritakan wacana asal mula Bukit Catu. Bacalah kisah berikut.
Ayo Membaca
Bacalah kisah berikut
“Jika nanti hasil panen kita melimpah, buatlah tumpeng nasi yang besar. Kemudian, undanglah tetangga untuk makan bersama.”
Istrinya pun setuju. Kedua suami istri itupun berharap panen mereka melimpah.
Tak usang kemudian, impian mereka terkabul. Si Istri menyiapkan tumpeng nasi dan mengundang seluruh penduduk desa untuk makan bersama.
Menjelang animo panen berikutnya, Si suami berkata lagi kepada istrinya
“Semoga panen kita lebih banyak lagi, bila bisa tiga kali lipat dari sebelumnya. Jika harapanku terkabul, buatkanlah tiga tumpeng nasi yang lebih besar dari sebelumnya.”
Kemudian, Si Istri menciptakan tiga tumpeng dan mengundang seluruh penduduk desa untuk berpesta kembali.
Beberapa hari kemudian, Si suami pergi ke sawah. Dalam perjalanan, ia melihat seonggok tanah yang berbentuk menyerupai catu.
Catu yaitu alat penakar nasi yang terbuat dari tempurung kelapa.
“Hmmm, asing sekali. Sepertinya kemarin gundukan tanah ini tidak ada,” gumam Si suami.
Setelah pulang dari ladang, ia bercerita kepada istrinya. Kemudian, ia mengajukan permintaan kepada istrinya.
“Istriku, bagaimana bila kita menciptakan beberapa catu nasi?
Siapa tahu, bila kita membuatnya, hasil panen kita akan semakin melimpah.”
Sejak ketika itu, Si istri rajin menciptakan catu nasi. Setiap catu nasi yang dibuatnya, ia niatkan untuk menambah hasil panennya.
Namun, ada kecacatan yang terjadi. Saat pergi ke sawah, onggokan tanah yang ia temukan sebelumnya semakin membesar. Rupanya, setiap Si istri menciptakan catu nasi, ketika itu pula onggokan tanah membesar.
Sepasang suami istri itu pun tak menyadarinya. Bahkan, Si istri menciptakan catu nasi yang lebih besar setiap harinya. Lama-kelamaan, onggokan tanah itu berkembang menjadi sebuah bukit. Setelah Si petani dan istrinya berhenti menciptakan catu nasi, onggokan tanah itu pun juga berhenti membesar. Sejak ketika itu, onggokan tanah itu disebut dengan Bukit Catu.
Disadur dari: Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer, 2016.
Dalam kisah tersebut terdapat tiga tokoh. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur pembangun cerita. Tokoh mengemban tragedi dalam kisah sehingga tragedi tersebut bisa terjalin sebagai cerita. Selain itu, tokoh berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.
1. Siapa tokoh dalam kisah berjudul “Asal Mula Bukit Catu”?
Alternatif Jawaban :
Tokoh dalam kisah berjudul “Asal Mula Bukit Catu” yaitu suami, istri, dan penduduk desa.
2. Apa saja peranan tokoh dalam kisah tersebut?
Alternatif Jawaban :
Peran tokoh dalam kisah “Asal Mula Bukit Catu” yaitu sebagai tokoh-tokoh yang mengemban tragedi dalam kisah sehingga kisah sanggup terjalin dengan baik. Selain itu tokoh-tokoh tersebut berperan sebagai pembawa pesan,amanat dan moral yang disampaikan oleh pengarang melalui kisah tersebut kepada pembaca.
3. Apa pesan yang terdapat pada kisah tersebut?
Alternatif Jawaban :
Pesan yang terdapat pada kisah “Asal Mula Bukit Catu” yaitu kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Tuhan. Kita dilarang sombong dan memaksakan kehendak untuk mengikuti keinginan yang tidak sanggup kita penuhi.
Dayu sangat bahagia mendengarkan kisah nenek. Bahkan, seluruh keluarga Dayu juga suka mendengarkan cerita. Saat nenek bercerita, semua anggota keluarga berkumpul dan mendengarkan dengan tenang.
1. Amatilah gambar di atas.
2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?
Alternatif Jawaban :
Keragaman yang terdapat pada gambar diatas yaitu keragaman usia, keragaman fisik dan keragaman jenis kelamin
Keragaman berarti majemuk atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud yaitu perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada alasannya yaitu setiap insan mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan demikian, keragaman karakteristik individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu sanggup berupa keragaman fisik. Keragaman fisik sanggup meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat.
Ayo Mengamati
1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu.
Alternatif Jawaban :
3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.
Alternatif Jawaban :
Keragaman fisik yang terdapat pada keluargaku yaitu mempunyai jenis rambut yang sama, mempunyai warna kulit, tinggi tubuh dan berat tubuh yang berbeda.
Ayo Renungkan
Apa yang telah kau pelajari hari ini? Dalam keluargamu, niscaya terdapat keragaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keragaman yang ada? Jelaskan alasannya.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Lakukan wawancara kepada kedua orang tuamu. Tanyakan mengenai kisah rakyat yang ada di daerahmu. Tulislah ceritamu dalam buku tugas. Bacakan risikonya di depan teman-temanmu.
Demikianlah postingan bahan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif tanggapan sehingga sanggup dijadikan rujukan dalam mencar ilmu untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif tanggapan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 23-29
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-29
Bali sangatlah populer hingga di luar negeri sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bali mempunyai potensi pariwisata, menyerupai wisata alam, wisata seni, dan budaya. Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten dan 1 tempat kota.
Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali. Wilayah Kabupaten Tabanan didominasi oleh pegunungan dan pantai. Selain itu, Tabanan populer sebagai penghasil beras dan sayuran. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Namun, penduduk yang tinggal di pantai bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan alam suatu tempat memengaruhi mata pencaharian penduduknya. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo Membaca
Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu tempat berbeda dengan tempat lain. Mata pencaharian penduduk di tempat pesisir pantai berbeda dengan penduduk di tempat dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak klarifikasi berikut.
1. Penduduk di tempat pantai bermata pencaharian sebagai nelayan, petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.
2. Penduduk di tempat dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.
3. Penduduk di tempat dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, contohnya teh, kopi, dan cengkeh.
Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga mempunyai mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang, dan buruh pabrik.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 23, 24
Ayo BerdiskusiDiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama sahabat sebangkumu.
Tuliskan risikonya pada tempat yang disediakan.
1. Mengapa mata pencaharian penduduk berbeda sesuai lingkungan tempat hidupnya?
Alternatif Jawaban :
Penduduk di suatu tempat cenderung memanfaatkan kekayaan alam di tempat tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhannya. Karena kekayaan alam suatu tempat dengan tempat lain berbeda, menjadikan keragaman jenis mata pencaharian penduduknya.Selain itu, keadaan lingkungan suatu tempat juga memengaruhi jenis pekerjaan penduduknya.
2. Mengapa penduduk di desa dan di kota mempunyai mata pencaharian yang berbeda?
Alternatif Jawaban :
Masyarakat di desa bekerja sebagai petani alasannya yaitu banyak lahan pertanian yang tersedia. Sedang penduduk di kota lebih banyak bekerja sebagai pekerja jasa alasannya yaitu di kota merupakan sentra pemerintahan dan perdagangan.
3. Apa perbedaan petani di tempat dataran rendah dan petani di tempat dataran tinggi?
Alternatif Jawaban :
Perbedaan petani di tempat dataran rendah dan petani di tempat dataran tinggi terletak pada flora yang mereka tanam. Petani di tempat dataran rendah menanam padi dan palawija. Sedangkan petani di tempat dataran tinggi menanam sayuran menyerupai kol, wortel, bawang, dan kubis.
4. Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya.
Alternatif Jawaban :
Pekerja jasa yaitu orang-orang yang memperlihatkan pelayanan sesuai keahlian yang dimiliki. Contoh dari pekerja jasa yaitu, dokter, guru, penjahit, konsultan, dan pengacara.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 25, 26
Ayo Mengamati1. Bentuklah kelompok terdiri atas 3 siswa. Pilihlah sahabat yang tempat tinggalnya bersahabat dengan rumahmu.
2. Amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan?
3. Amatilah pula penduduk di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian, catatlah mata pencaharian penduduk di lingkungan sekitarmu.
4. Buatlah laporan sederhana menurut hasil pengamatanmu. Buatlah menyerupai pola berikut.
5. Kumpulkan risikonya kepada guru.
Contoh Jawaban untuk menciptakan laporan hasil pengamatan lingkunngan tempat tinggal
Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Widodo
Kelas : VI A
Alamat : Cirebon
1. Nama tempat tempat tinggalku :Jawa Barat
2. Tempat tinggalku termasuk daerah: Dataran rendah
3. Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalku :Petani, Pedagang, Peternak buruh, dan pegawai kantoran
4. Transportasi penduduk di lingkungan tempat tinggalku : Motor, Mobil, dan Becak
5. Kesenian di lingkungan tempat tinggalku :Seni tari
Saat libur sekolah, Dayu dan keluarganya berlibur ke rumah nenek. Rumah nenek Dayu berada di Banjar Bukit Catu, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Dayu bahagia menghabiskan waktu bersama neneknya. Nenek Dayu suka bercerita. Kali ini, nenek Dayu akan menceritakan wacana asal mula Bukit Catu. Bacalah kisah berikut.
Ayo Membaca
Bacalah kisah berikut
Asal Mula Bukit Catu
Di pedalaman Pulau Bali, terdapat sebuah desa yang subur. Di sana, tinggal sepasang suami istri. Mereka bekerja sebagai petani. Menjelang animo panen, Si suami berkata kepada istrinya.“Jika nanti hasil panen kita melimpah, buatlah tumpeng nasi yang besar. Kemudian, undanglah tetangga untuk makan bersama.”
Istrinya pun setuju. Kedua suami istri itupun berharap panen mereka melimpah.
Tak usang kemudian, impian mereka terkabul. Si Istri menyiapkan tumpeng nasi dan mengundang seluruh penduduk desa untuk makan bersama.
Menjelang animo panen berikutnya, Si suami berkata lagi kepada istrinya
“Semoga panen kita lebih banyak lagi, bila bisa tiga kali lipat dari sebelumnya. Jika harapanku terkabul, buatkanlah tiga tumpeng nasi yang lebih besar dari sebelumnya.”
Kemudian, Si Istri menciptakan tiga tumpeng dan mengundang seluruh penduduk desa untuk berpesta kembali.
Beberapa hari kemudian, Si suami pergi ke sawah. Dalam perjalanan, ia melihat seonggok tanah yang berbentuk menyerupai catu.
Catu yaitu alat penakar nasi yang terbuat dari tempurung kelapa.
“Hmmm, asing sekali. Sepertinya kemarin gundukan tanah ini tidak ada,” gumam Si suami.
Setelah pulang dari ladang, ia bercerita kepada istrinya. Kemudian, ia mengajukan permintaan kepada istrinya.
“Istriku, bagaimana bila kita menciptakan beberapa catu nasi?
Siapa tahu, bila kita membuatnya, hasil panen kita akan semakin melimpah.”
Sejak ketika itu, Si istri rajin menciptakan catu nasi. Setiap catu nasi yang dibuatnya, ia niatkan untuk menambah hasil panennya.
Namun, ada kecacatan yang terjadi. Saat pergi ke sawah, onggokan tanah yang ia temukan sebelumnya semakin membesar. Rupanya, setiap Si istri menciptakan catu nasi, ketika itu pula onggokan tanah membesar.
Sepasang suami istri itu pun tak menyadarinya. Bahkan, Si istri menciptakan catu nasi yang lebih besar setiap harinya. Lama-kelamaan, onggokan tanah itu berkembang menjadi sebuah bukit. Setelah Si petani dan istrinya berhenti menciptakan catu nasi, onggokan tanah itu pun juga berhenti membesar. Sejak ketika itu, onggokan tanah itu disebut dengan Bukit Catu.
Disadur dari: Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer, 2016.
Dalam kisah tersebut terdapat tiga tokoh. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu unsur pembangun cerita. Tokoh mengemban tragedi dalam kisah sehingga tragedi tersebut bisa terjalin sebagai cerita. Selain itu, tokoh berfungsi sebagai pembawa pesan, amanat, moral atau sesuatu yang ingin disampaikan pengarang.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 28
Jawablah pertanyaan berikut. Kemudian, bacakan hasil goresan pena jawabanmu di depan kelas.1. Siapa tokoh dalam kisah berjudul “Asal Mula Bukit Catu”?
Alternatif Jawaban :
Tokoh dalam kisah berjudul “Asal Mula Bukit Catu” yaitu suami, istri, dan penduduk desa.
2. Apa saja peranan tokoh dalam kisah tersebut?
Alternatif Jawaban :
Peran tokoh dalam kisah “Asal Mula Bukit Catu” yaitu sebagai tokoh-tokoh yang mengemban tragedi dalam kisah sehingga kisah sanggup terjalin dengan baik. Selain itu tokoh-tokoh tersebut berperan sebagai pembawa pesan,amanat dan moral yang disampaikan oleh pengarang melalui kisah tersebut kepada pembaca.
3. Apa pesan yang terdapat pada kisah tersebut?
Alternatif Jawaban :
Pesan yang terdapat pada kisah “Asal Mula Bukit Catu” yaitu kita harus bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan oleh Tuhan. Kita dilarang sombong dan memaksakan kehendak untuk mengikuti keinginan yang tidak sanggup kita penuhi.
Dayu sangat bahagia mendengarkan kisah nenek. Bahkan, seluruh keluarga Dayu juga suka mendengarkan cerita. Saat nenek bercerita, semua anggota keluarga berkumpul dan mendengarkan dengan tenang.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 29
Ayo Berlatih1. Amatilah gambar di atas.
2. Apa keragaman yang terdapat pada gambar?
Alternatif Jawaban :
Keragaman yang terdapat pada gambar diatas yaitu keragaman usia, keragaman fisik dan keragaman jenis kelamin
Keragaman berarti majemuk atau berjenis-jenis. Pada manusia, keragaman yang dimaksud yaitu perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada alasannya yaitu setiap insan mempunyai ciri khas tersendiri. Dengan demikian, keragaman karakteristik individu berarti perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu sanggup berupa keragaman fisik. Keragaman fisik sanggup meliputi, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman fisik, juga terdapat keragaman kegemaran dan keragaman sifat.
Ayo Mengamati
1. Amatilah keragaman fisik dalam keluargamu.
2. Lengkapi tabel berikut sesuai hasil pengamatanmu.
Alternatif Jawaban :
3. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatanmu.
Alternatif Jawaban :
Keragaman fisik yang terdapat pada keluargaku yaitu mempunyai jenis rambut yang sama, mempunyai warna kulit, tinggi tubuh dan berat tubuh yang berbeda.
Ayo Renungkan
Apa yang telah kau pelajari hari ini? Dalam keluargamu, niscaya terdapat keragaman. Bagaimana keluargamu menyikapi keragaman yang ada? Jelaskan alasannya.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Lakukan wawancara kepada kedua orang tuamu. Tanyakan mengenai kisah rakyat yang ada di daerahmu. Tulislah ceritamu dalam buku tugas. Bacakan risikonya di depan teman-temanmu.
Demikianlah postingan bahan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 23, 24, 25, 26, 28, 29 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 3 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.