Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari mata pelajaran IPA dan B.Indonesia.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif balasan sehingga sanggup dijadikan referensi dalam mencar ilmu untuk adik-adik semua. Baiklah pribadi saja kita simak bersama alternatif balasan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 63-69
Siti berasal dari Daerah spesial Yogyakarta. Siti bercerita perihal daerah asalnya. Bersama Siti, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai keunikan Daerah spesial Yogyakarta.
Ayo Mengamati
Siti mengatakan beberapa foto yang diambil dikala ia mengunjungi Daerah spesial Yogyakarta. Inilah foto-fotonya.
Setiap daerah niscaya mempunyai keunikan tersendiri. Termasuk daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu, apa keunikan daerah tempat tinggalmu? Tuliskan keunikan daerah tempat tinggalmu dalam kolom berikut. Keunikan yang kau tulis sanggup berupa keunikan fisik, menyerupai sungai, gunung, sawah, dan bentuk rumah. Dapat juga berupa keunikan sosial budaya, menyerupai moral istiadat, seni, dan bahasa.
Salah satu tempat wisata yang mempunyai keunikan yaitu candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah spesial Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal permintaan terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah dongeng rakyat yang terkenal di Yogyakarta. Bagaimana isi dongeng tersebut? Mari kita simak bersama.
Ayo Membaca
Bacalah teks dongeng berikut!
Roro Jonggrang yaitu seorang putri dari Kerajaan Prambanan. Raja Prambanan, ayah Roro Jonggrang gugur dalam pertarungan melawan Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging. Akibatnya, Bandung Bondowoso menguasai Kerajaan Prambanan.
Bandung Bondowoso yang tamak menginginkan Roro Jonggrang sebagai permaisurinya. Roro Jonggrang yang tidak mau diperistri oleh Bandung Bondowoso pun mengajukan sebuah syarat.
“Aku bersedia menjadi permaisurimu, Bandung Bondowoso. Tetapi, ada syarat yang harus kau penuhi. Jika berhasil, saya akan menikah denganmu. Namun, kalau kau gagal izinkan saya pergi,” kata Roro Jonggrang.
“Apa pun yang kau minta akan saya penuhi, Roro Jonggrang. Jika saya gagal memenuhinya, saya akan mengembalikan kerajaan ini kepadamu,”
sahut Bandung Bondowoso angkuh.
“Aku minta kau membangun seribu candi untukku. Semua harus selesai sebelum matahari terbit esok.” Sahut Roro Jonggrang.
“Baiklah, saya niscaya berhasil memenuhi syarat yang kau buat.” Jawab Bandung Bondowoso angkuh.
Bandung Bondowoso meminta pertolongan pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulai tampak. Roro Jonggrang panik, ia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya. Bi Sumi mempunyai wangsit untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan memperabukan jerami.
Suara lesung bertalu-talu dan semburat api yang memerah di langit menciptakan suasana menyerupai pagi hari. Ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin terkejut. “Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil bergegas
meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun.
Roro Jonggrang mendatangi Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang segera menghitung candi-candi yang sudah selesai. ”Candi-candi ini hanya ada 999. Kurang satu candi.” Kata Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso tidak percaya dengan perkataan Roro Jonggrang. Dia segera menghitung banyak candi dan ternyata memang benar hanya ada 999 candi.
Bandung Bondowoso murka besar. ”Aku tidak akan kalah, Roro Jonggrang. Aku akan mendapat seribu candi menyerupai yang kau inginkan.”
“Kenyataannya candi yang kau buat kurang satu, Bandung Bondowoso. Kau tetap harus menepati janjimu.” Sahut Roro Jonggrang.
“Kalau begitu, akan kuubah kau menjadi candi keseribu.”
Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso mengubah Roro Jonggrang menjadi patung batu. Patung itulah yang menjadi candi keseribu. Candi-candi itu sampai sekarang masih berdiri tegak di wilayah Prambanan.
Disadur dari: Dian. K. 100 Cerita Rakyat Nusantara. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.2016.
Untuk mengukur pemahamanmu mengenai dongeng fiksi, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan dongeng fiksi? Jelaskan!
2. Sebutkan tokoh utama pada bacaan berjudul “Roro Jonggrang” di atas!
3. Sebutkan tokoh pelengkap pada bacaan berjudul “Roro Jonggrang” di depan!
Alternatif Jawaban :
1. Cerita fiksi atau rekaan sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita fiksi diolah menurut pandangan, tafsiran, dan evaluasi pengarang mengenai peristiwa-peristiwa, baikyang pernah terjadi secara konkret maupun hanya dalam khayalan pengarang. Cerita fiksi dinikmati pembaca sebagai sarana hiburan.
2. Tokoh utama pada dongeng berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.
3. Tokoh pelengkap pada dongeng berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Bi Sumi, para dayang, dan pasukan jin.
Candi Prambanan yaitu salah satu tempat wisata yang selalu dipadati wisatawan. Oleh lantaran itu, kebersihan daerah Candi Prambanan harus selalu dijaga. Pengelola selalu mengupayakan kebersihan daerah candi.
Ayo Mengamati
Saat Siti berwisata ke candi Prambanan, ia melihat petugas kebersihan membersihkan daerah candi
Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kau perihal gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melaksanakan gaya? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Ada dua petugas kebersihan pada gambar. Satu petugas kebersihan sedang mendorong gerobak. Petugas yang lainnya tampak sedang menarik gerobak. Gerobak bergerak lantaran adanya tarikan atau dorongan yang dilakukan petugas kebersihan. Gaya sanggup diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang sanggup memengaruhi keadaan suatu benda. Jadi, petugas kebersihan pada gambar melaksanakan gaya.
Gerakan mendorong atau menarik yang menjadikan benda bergerak disebut gaya.
Ayo Mencoba
Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk mengetahui macam efek gaya terhadap gerakan benda.
Percobaan 1
Menendang dan Menghentikan Bola
Langkah kegiatan
1. Siapkan sebuah bola sepak.
2. Lakukan acara berpasangan bersama temanmu.
3. Letakkan bola di lantai.
4. Tendang bola ke arah temanmu.
5. Minta temanmu menghentikan gerakan bola.
2. Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan!
3. Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Temanmu menghentikan gerakan bola dengan gaya. Kesimpulan apa yang kau peroleh dari acara ini?
Alternatif Jawaban :
1. Bola yang ditendang akan mengalami perubahan dari membisu menjadi bergerak.
2. Bola yang tidak boleh akan mengalami perubahan dari bergerak menjadi diam.
3. Gaya sanggup memengaruhi bola membisu menjadi bergerak. Gaya juga sanggup memengaruhi bola bergerak menjadi diam.
Percobaan 2
Menarik Mobil Mainan
Langkah acara 2:
1. Siapkan sebuah kendaraan beroda empat mainan.
2. Ikat bab depan kendaraan beroda empat mainan dengan seutas tali.
3. Tarik kendaraan beroda empat mainan perlahan, kemudian semakin usang semakin cepat.
4. Tarik kendaraan beroda empat mainan lurus ke depan, kemudian belokkan arah kendaraan beroda empat mainan.
2. Perubahan apa yang terjadi pada kendaraan beroda empat mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jelaskan!
3. Kamu menarik kendaraan beroda empat mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kau peroleh dari acara ini?
4. Apakah terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?
5. Perubahan apa yang terjadi pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jelaskan!
6. Kamu menarik kendaraan beroda empat mainan dari lurus, kemudian berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang kau peroleh dari acara ini?
Alternatif Jawaban :
1. Ya, terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat.
2. Mobil mainan digerakkan dari lambat ke cepat. Terjadi perubahan kecepatan pada gerakan kendaraan beroda empat mainan.
3. Gaya sanggup memengaruhi kecepatan kendaraan beroda empat mainan.
4. Ya, terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan
5. Mobil mainan digerakkan dari lurus, kemudian berbelok. Terjadi perubahan arah pada gerakan kendaraan beroda empat mainan.
6. Gaya sanggup memengaruhi arah gerak kendaraan beroda empat mainan.
Gaya sanggup memengaruhi gerakan benda. Berikut beberapa macam efek gaya terhadap gerakan benda.
1. Gaya sanggup memengaruhi benda membisu menjadi bergerak.
2. Gaya sanggup memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya sanggup memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4. Gaya sanggup memengaruhi arah gerak suatu benda.
1. .........................................................................................................
2. .........................................................................................................
3. .........................................................................................................
4. .........................................................................................................
5. .........................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Sepeda dibelokkan akan berubah arah sesuai gerakan pengayuhnya.
2. Mobil mogok yang didorong akan bergerak.
3. Meja yang didorong akan bergerak.
4. Sepeda motor yang direm akan berhenti.
5. Kelereng yang dijentikkan akan bergerak.
Ayo Renungkan
Apa yang kau pelajari dari acara hari ini? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.
Materi apa yang sudah kau pahami dengan baik? Jelaskan!
Materi apa yang masih belum kau pahami? Jelaskan!
Apa yang ingin kau ketahui lebih lanjut mengenai materi yang telah dipelajari?
Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Beri tanda centang pada kotak didekat gambar sesuai perasaanmu.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Carilah dongeng rakyat yang berasal dari daerahmu. Ceritakan kepada kedua orang tuamu. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita.
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif balasan sehingga sanggup dijadikan referensi dalam mencar ilmu untuk adik-adik semua. Baiklah pribadi saja kita simak bersama alternatif balasan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 63-69
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 63-69
Siti berasal dari Daerah spesial Yogyakarta. Siti bercerita perihal daerah asalnya. Bersama Siti, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai keunikan Daerah spesial Yogyakarta.
Ayo Mengamati
Siti mengatakan beberapa foto yang diambil dikala ia mengunjungi Daerah spesial Yogyakarta. Inilah foto-fotonya.
Setiap daerah niscaya mempunyai keunikan tersendiri. Termasuk daerah tempat tinggalmu. Tahukah kamu, apa keunikan daerah tempat tinggalmu? Tuliskan keunikan daerah tempat tinggalmu dalam kolom berikut. Keunikan yang kau tulis sanggup berupa keunikan fisik, menyerupai sungai, gunung, sawah, dan bentuk rumah. Dapat juga berupa keunikan sosial budaya, menyerupai moral istiadat, seni, dan bahasa.
Salah satu tempat wisata yang mempunyai keunikan yaitu candi Prambanan. Candi Prambanan terletak di perbatasan provinsi Daerah spesial Yogyakarta dan Jawa Tengah. Asal permintaan terjadinya candi Prambanan diceritakan dalam sebuah dongeng rakyat yang terkenal di Yogyakarta. Bagaimana isi dongeng tersebut? Mari kita simak bersama.
Ayo Membaca
Bacalah teks dongeng berikut!
Roro Jonggrang
Bandung Bondowoso yang tamak menginginkan Roro Jonggrang sebagai permaisurinya. Roro Jonggrang yang tidak mau diperistri oleh Bandung Bondowoso pun mengajukan sebuah syarat.
“Aku bersedia menjadi permaisurimu, Bandung Bondowoso. Tetapi, ada syarat yang harus kau penuhi. Jika berhasil, saya akan menikah denganmu. Namun, kalau kau gagal izinkan saya pergi,” kata Roro Jonggrang.
“Apa pun yang kau minta akan saya penuhi, Roro Jonggrang. Jika saya gagal memenuhinya, saya akan mengembalikan kerajaan ini kepadamu,”
sahut Bandung Bondowoso angkuh.
“Aku minta kau membangun seribu candi untukku. Semua harus selesai sebelum matahari terbit esok.” Sahut Roro Jonggrang.
“Baiklah, saya niscaya berhasil memenuhi syarat yang kau buat.” Jawab Bandung Bondowoso angkuh.
Bandung Bondowoso meminta pertolongan pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulai tampak. Roro Jonggrang panik, ia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya. Bi Sumi mempunyai wangsit untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan memperabukan jerami.
Suara lesung bertalu-talu dan semburat api yang memerah di langit menciptakan suasana menyerupai pagi hari. Ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin terkejut. “Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil bergegas
meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun.
Roro Jonggrang mendatangi Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang segera menghitung candi-candi yang sudah selesai. ”Candi-candi ini hanya ada 999. Kurang satu candi.” Kata Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso tidak percaya dengan perkataan Roro Jonggrang. Dia segera menghitung banyak candi dan ternyata memang benar hanya ada 999 candi.
Bandung Bondowoso murka besar. ”Aku tidak akan kalah, Roro Jonggrang. Aku akan mendapat seribu candi menyerupai yang kau inginkan.”
“Kenyataannya candi yang kau buat kurang satu, Bandung Bondowoso. Kau tetap harus menepati janjimu.” Sahut Roro Jonggrang.
“Kalau begitu, akan kuubah kau menjadi candi keseribu.”
Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso mengubah Roro Jonggrang menjadi patung batu. Patung itulah yang menjadi candi keseribu. Candi-candi itu sampai sekarang masih berdiri tegak di wilayah Prambanan.
Disadur dari: Dian. K. 100 Cerita Rakyat Nusantara. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.2016.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 63, 64
Cerita berjudul ”Roro Jonggrang” termasuk dongeng fiksi. Sebelumnya, kau telah mempelajari perihal dongeng fiksi. Masih ingatkah kau mengenai dongeng fiksi?Untuk mengukur pemahamanmu mengenai dongeng fiksi, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang dimaksud dengan dongeng fiksi? Jelaskan!
2. Sebutkan tokoh utama pada bacaan berjudul “Roro Jonggrang” di atas!
3. Sebutkan tokoh pelengkap pada bacaan berjudul “Roro Jonggrang” di depan!
Alternatif Jawaban :
1. Cerita fiksi atau rekaan sengaja dikarang oleh pengarang. Cerita fiksi diolah menurut pandangan, tafsiran, dan evaluasi pengarang mengenai peristiwa-peristiwa, baikyang pernah terjadi secara konkret maupun hanya dalam khayalan pengarang. Cerita fiksi dinikmati pembaca sebagai sarana hiburan.
2. Tokoh utama pada dongeng berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.
3. Tokoh pelengkap pada dongeng berjudul ”Roro Jonggrang” yaitu Bi Sumi, para dayang, dan pasukan jin.
Candi Prambanan yaitu salah satu tempat wisata yang selalu dipadati wisatawan. Oleh lantaran itu, kebersihan daerah Candi Prambanan harus selalu dijaga. Pengelola selalu mengupayakan kebersihan daerah candi.
Ayo Mengamati
Saat Siti berwisata ke candi Prambanan, ia melihat petugas kebersihan membersihkan daerah candi
Perhatikan gambar di atas. Ingatkah kau perihal gaya? Menurutmu, apakah petugas kebersihan pada gambar melaksanakan gaya? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Ada dua petugas kebersihan pada gambar. Satu petugas kebersihan sedang mendorong gerobak. Petugas yang lainnya tampak sedang menarik gerobak. Gerobak bergerak lantaran adanya tarikan atau dorongan yang dilakukan petugas kebersihan. Gaya sanggup diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang sanggup memengaruhi keadaan suatu benda. Jadi, petugas kebersihan pada gambar melaksanakan gaya.
Gerakan mendorong atau menarik yang menjadikan benda bergerak disebut gaya.
Ayo Mencoba
Gaya yang dikerjakan pada suatu benda akan memengaruhi benda tersebut. Pengaruh apa yang ditimbulkan gaya terhadap gerakan benda? Lakukan percobaan berikut untuk mengetahui macam efek gaya terhadap gerakan benda.
Percobaan 1
Menendang dan Menghentikan Bola
Langkah kegiatan
1. Siapkan sebuah bola sepak.
2. Lakukan acara berpasangan bersama temanmu.
3. Letakkan bola di lantai.
4. Tendang bola ke arah temanmu.
5. Minta temanmu menghentikan gerakan bola.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 65, 66
1. Apa yang terjadi pada bola yang ditendang? Jelaskan!2. Apa yang terjadi pada bola yang dihentikan? Jelaskan!
3. Kamu menggerakkan bola dengan gaya. Temanmu menghentikan gerakan bola dengan gaya. Kesimpulan apa yang kau peroleh dari acara ini?
Alternatif Jawaban :
1. Bola yang ditendang akan mengalami perubahan dari membisu menjadi bergerak.
2. Bola yang tidak boleh akan mengalami perubahan dari bergerak menjadi diam.
3. Gaya sanggup memengaruhi bola membisu menjadi bergerak. Gaya juga sanggup memengaruhi bola bergerak menjadi diam.
Percobaan 2
Menarik Mobil Mainan
Langkah acara 2:
1. Siapkan sebuah kendaraan beroda empat mainan.
2. Ikat bab depan kendaraan beroda empat mainan dengan seutas tali.
3. Tarik kendaraan beroda empat mainan perlahan, kemudian semakin usang semakin cepat.
4. Tarik kendaraan beroda empat mainan lurus ke depan, kemudian belokkan arah kendaraan beroda empat mainan.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 67, 68
1. Apakah terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat?2. Perubahan apa yang terjadi pada kendaraan beroda empat mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat? Jelaskan!
3. Kamu menarik kendaraan beroda empat mainan dari lambat ke cepat dengan gaya. Apa kesimpulan yang kau peroleh dari acara ini?
4. Apakah terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan?
5. Perubahan apa yang terjadi pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan? Jelaskan!
6. Kamu menarik kendaraan beroda empat mainan dari lurus, kemudian berbelok dengan gaya. Apa kesimpulan yang kau peroleh dari acara ini?
Alternatif Jawaban :
1. Ya, terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang digerakkan dari lambat ke cepat.
2. Mobil mainan digerakkan dari lambat ke cepat. Terjadi perubahan kecepatan pada gerakan kendaraan beroda empat mainan.
3. Gaya sanggup memengaruhi kecepatan kendaraan beroda empat mainan.
4. Ya, terdapat perubahan pada kendaraan beroda empat mainan yang ditarik lurus kemudian dibelokkan
5. Mobil mainan digerakkan dari lurus, kemudian berbelok. Terjadi perubahan arah pada gerakan kendaraan beroda empat mainan.
6. Gaya sanggup memengaruhi arah gerak kendaraan beroda empat mainan.
Gaya sanggup memengaruhi gerakan benda. Berikut beberapa macam efek gaya terhadap gerakan benda.
1. Gaya sanggup memengaruhi benda membisu menjadi bergerak.
2. Gaya sanggup memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
3. Gaya sanggup memengaruhi benda bergerak lebih cepat atau lebih lambat.
4. Gaya sanggup memengaruhi arah gerak suatu benda.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 69
Kamu telah mengetahui beberapa macam efek gaya terhadap gerakan benda. Sekarang, sebutkan referensi insiden yang mengatakan gerakan benda akhir gaya.1. .........................................................................................................
2. .........................................................................................................
3. .........................................................................................................
4. .........................................................................................................
5. .........................................................................................................
Alternatif Jawaban :
1. Sepeda dibelokkan akan berubah arah sesuai gerakan pengayuhnya.
2. Mobil mogok yang didorong akan bergerak.
3. Meja yang didorong akan bergerak.
4. Sepeda motor yang direm akan berhenti.
5. Kelereng yang dijentikkan akan bergerak.
Ayo Renungkan
Apa yang kau pelajari dari acara hari ini? Tuliskan dalam kotak di bawah ini.
Materi apa yang sudah kau pahami dengan baik? Jelaskan!
Materi apa yang masih belum kau pahami? Jelaskan!
Apa yang ingin kau ketahui lebih lanjut mengenai materi yang telah dipelajari?
Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Beri tanda centang pada kotak didekat gambar sesuai perasaanmu.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Carilah dongeng rakyat yang berasal dari daerahmu. Ceritakan kepada kedua orang tuamu. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita.
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.