Thursday, 19 March 2020

Kunci Tanggapan Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 104, 106, 108, 109, 110 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B.Indonesia.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif balasan sehingga sanggup dijadikan rujukan dalam berguru  untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif balasan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 111-121

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 111

Ayo Mengamati
Gambar di atas menawarkan peta kawasan Papua. Apa keunikan kawasan Papua menurutmu? Tuliskan pada tempat di bawah ini.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Alternatif balasan : 
1.Papua mempunyai salju abadi, tidak pernah mencair.
2.Kuliner khas Papua yang super unik.
3.Papua mempunyai pasir putih di atas bukit.
4.Lukisan misterius di gua kontilola
5.Papua mempunyai danau tertinggi.

Papua mempunyai banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Gunung Jaya Wijaya yang populer dengan puncaknya tertutup salju terletak di Papua. Selain Gunung Jaya Wijaya, Papua juga mempunyai banyak tempat wisata alam yang sanggup memanjakan mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya itu, Papua mempunyai jenis fauna yang populer yaitu burung cenderawasih.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Pernahkah kau membaca kisah rakyat Papua ihwal burung cenderawasih?
Bacalah bacaan berikut.

Ayo Membaca
Asal Usul Burung Cenderawasih
 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121


Di suatu kawasan di Papua tinggal seorang anak pria berjulukan Kweiya. Kweiya tinggal bersama ibu dan adik-adik tirinya. Adik-adik tiri Kweiya tidak menyukai Kweiya. Mereka menjebak Kweiya sehingga ia tersesat di hutan.

Kweiya yang tersesat di hutan mencoba untuk bertahan hidup. Dia membangun rumah kayu sederhana dan berburu. Kulit hewan hasil buruannya ia pintal menjadi benang. Kweiya berencana untuk menciptakan sayap dari benang pintalannya.

Setelah Kweiya pergi, ibunya sangat sedih. Adik-adik Kweiya berbohong bahwa Kweiya pergi sebab tidak mau tinggal bersama mereka lagi. Ibu Kweiya tidak percaya. Ibu Kweiya berusaha mencari tahu kebenarannya. Adik bungsu Kweiya yang jujur memberitahu ibu kebenarannya. ”Bu, kak Kweiya tidak meninggalkan kita. Dia dijebak oleh kakak-kakak sehingga tersesat di hutan.” Jelas adik bungsu Kweiya.

”Benarkah yang kau katakan itu anakku? Kalau begitu ibu harus mencari Kweiya,” sahut ibu Kweiya.

Ibu Kweiya segera pergi ke hutan. Dia berjalan tanpa kenal lelah sambut terus memanggil-manggil Kweiya sekuat tenaga. Tidak ada sahutan. Sampai karenanya ibu Kweiya melihat seekor burung muncul dari pepohonan. Eee… eee… eee…. Begitu bunyi burung yang muncul di hadapan ibu Kweiya. Ibu Kweiya terkejut, ternyata burung itu ialah Kweiya yang menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya. Kweiya telah berubah wujud menjadi seekor burung yang indah.

Ibu Kweiya mengikuti Kweiya dan mengambil sejumput pintalan benang. Ibu Kweiya menyelipkan pintalan benang di bawah lengannya menyerupai yang telah dilakukan Kweiya. Dalam sekejap, ibu Kweiya berkembang menjadi seekor burung. Dia segera terbang bersama Kweiya. Adik-adik tiri Kweiya ternyata menyaksikan ibunya dan Kweiya yang telah berkembang menjadi burung. Mereka meratapi perbuatan jahatnya. Namun, penyesalan itu telah terlambat. Kweiya dan ibunya telah berkembang menjadi burung yang sekarang dikenal sebaga burung cendrawasi.
Disadur dari:Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 114

Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Diskusikan mengenai kisah fiksi di depan. Apa isi dari kisah fiksi di depan? Tuliskan hasil diskusi kelompok mu pada tempat di bawah.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Alternatif Jawaban :
Isi dari kisah di atas ialah kisah seorang Ibu, kweiya dan saudara tirinya yang jahat. Saudara tiri kweiya tidak menyukai dirinya dan menjebaknya sehingga kweiya tersesat dihutan dan berpisah dengan ibunya

Ayo Berlatih

Masih bersama kelompokmu pada acara sebelumnya, carilah kisah fiksi selain yang ada dalam buku ini. Kemudian, bacalah kisah fiksi yang telah kau temukan. Tuliskan judul, isi, beserta tokoh-tokoh yang ada dari kisah fiksi tersebut. Tuliskan pada tempat berikut.
 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Alternatif Jawaban : 
Judul : Roro Jonggrang
Isi :
Sinopsis kisah RoroJonggrang ini menceritakan ihwal Bandung Bondowoso yg ingin mnikahi roro jongrang tetapi roro jonggrang meminta syarat,syaratnya ia harus menciptakan 1000 candi utknya,kemudian bondowoso pun menyetujuinya ia menciptakan 1000 candi dalam 1 malam dg tunjangan jin.kemudian roro jonggrang menciptakan planning supaya jin itu menyangka bahwa pagi telah datang,akhirnya jin2 itu menghentikn menciptakan candinya sehingga candi trsb mjd 999 candi itu kurang satu lalu bindowoso mengutuk roro jonggrang mjd candi karenanya genap 1000 candi.
Tokoh-tokoh yang ada di kisah Roro Jonggrang  adalah Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, Raja Prambanan, Raja Pengging

 Unsur apalagi yang mengakibatkan Papua kawasan unik? Ya, Papua mempunyai kesenian yang populer di seluruh kawasan di Indonesia berupa tarian dan lagu kawasan  yaitu tari Perang dan lagu Apuse.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121
 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121
 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Ayo Mencoba
Bentuklah kelompok yang terdiri atas lima anak, tiga anak memperagakan gerak tari dan dua anak bernyanyi lagu Apuse. Peragakan satu per satu gerak tari pada gambar di depan. Kemudian, padukan dengan syair lagu Apuse. Berlatihlah hingga gerak dan iringan lagu sesuai. Setelah kelompokmu menguasai gerak tari diiringi lagu Apuse, tampilkan di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 120

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kau pelajari hari ini? Bagaimana perasaanmu ketika melaksanakan acara secara kelompok?
Alternatif Jawaban : 
Yang sudah saya pelajaraipada hari ini ialah mengenal keunikan kawasan Papua, membasa dan memilih isi dari kisah Asal Usul Burung Cenderawasih, memperagakan gerak tari yang diiringi lagu apuse.
Perasaan saya bahagia ketika melaksanakan acara secara kelompok

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 121

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bertanyalah kepada orang renta dan anggota keluargamu yang lain contohnya kakak, adik, kakek, dan nenek nama-nama tari kawasan dan kisah rakyat yang dikenal. Tuliskan nama tari dan kisah rakyat yang dikenal oleh setiap anggota keluargamu.

 ini terdiri dari mata pelajaran SBDP dan B Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121

Demikianlah postingan bahan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 111, 114, 120, 121 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 6 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

SHARE THIS