Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 133, 135, 137, 139, 140 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari mata pelajaran IPA, B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 3 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan acuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 133-140
Amatilah gambar benda-benda berikut
Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
- Benda tiga dimensi ialah benda yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
- Wujud bidang bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang.
- Menempati ruang
Ayo Membaca
Gambar ialah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar. Objek gambar ialah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi ialah karya seni rupa yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi, serta mempunyai volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi contohnya benda hias dan benda yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, sanggup kau pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan
dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis ialah benda-benda yang berbentuk mirip bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, kolam sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris ialah benda-benda yang berbentuk mirip silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Ciri-ciri benda tiga dimensi ialah yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas Benda Bebas ialah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.
Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kau lebih memahami karya benda tiga dimensi.
1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.
2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3. Apa saja pola lain benda tiga dimensi yang sanggup ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?
4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?
Alternatif Jawaban :
1. Benda-benda mirip meja, kursi, vas bunga, dan perabot rumah tangga lainnya termasuk benda tiga dimensi alasannya benda pada gambar mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi, serta mempunyai volume dan ruang.
2. Berikut unsur-unsur karya tiga dimensi.
a. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
c. Menempati ruang.
3. Contoh lain karya seni tiga dimensi yang sanggup ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yaitu patung, tugu, dan monumen.
4. Ada beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yaitu teknik arsir, teknik sapuan berair (aquarel), teknik dussel (gosok), teknik siluet (blok) dan teknik pointilis.
Ayo Berlatih
Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang sanggup kau tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut.
Kelompokkan gambar-gambar yang ada menurut jenisnya. Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.
Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu sanggup menemukan bendabenda tiga dimensi di lingkungan daerah tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di daerah tinggalmu? Lakukan acara berikut.
Ayo Mengamati
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke daerah perajin atau penjual gerabah di lingkungan daerah tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang termasuk jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!
Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan pola dongeng fiksi. Tahukah kau dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib” ?
Coba, cari tahu mengenai dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib”.
1. Coba cari tahu mengenai dongeng fiksi Aladin dan Lampu Ajaib dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru, atau siapapun yang kau anggap tahu. Kamu juga sanggup mencari tahu melalui aneka macam media. Jika kau akan membuka internet, mintalah pendampingan dari orang tuamu atau orang dewasa.
2. Tuliskan kembali dengan singkat dongeng Aladin dan Lampu Ajaib. Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib
Suatu hari, ia menemukan lampu asing di sebuah gua. Lampu tersebut ternyata merupakan daerah tinggal sesosok jin. Jin tersebut menyampaikan kepada Aladin bahwa ia sanggup mengabulkan tiga permohonan dari pemiliknya. Aladin pun memakai jin tersebut untuk mengabulkan permohonannya biar menjadi seorang pangeran untuk merebut hati seorang putri.
Meski awalnya sempat berkonflik dengan sang jin, namun risikonya Aladin berteman baik dengannya bahkan memakai harapan terakhirnya untuk membebaskan sang jin tersebut.
Tokoh-tokoh dan sifatnya
Aladin mempunyai sifat rendah hati(baik)
Yasmin mempunyai sifat baik hati,suka menolong,dan berbudi pekerti yg baik
Jin Biru mempunyai sifat baik
Kasim mempunyai sifat pendendam,jahat,dan suka menganiaya
Benda tiga dimensi berupa teko sanggup dibuat dengan cara dibuat dari tanah liat. Karena imbas gaya ketika membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kau dengan pembelajaran 1 yang membahas wacana kekerabatan gaya dan gerak? Dapatkah kau menemukan kekerabatan gaya dan gerak pada bencana di lingkungan
daerah tinggal? Amatilah gambar bencana berikut.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar bencana anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin menciptakan gerabah berikut.
1. Anak bermain ketapel
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya.
Berhati-hatilah ketika bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.
2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.
3. Perajin menciptakan gerabah
Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibuat oleh perajin menjadi aneka macam bentuk. Perhatikan gambar berikut.
Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Hubungan gaya dan gerak pada bencana bermain ketapel ialah gaya ketika anak menarik ketapel dan melepaskannya memengaruhi kerikil yang semula membisu menjadi bergerak sehabis dilontarkan dengan memakai ketapel.
2. Hubungan gaya dan gerak pada bencana menimba ialah gaya yang dikerjakan paman ketika menarik tali timba menjadikan bejana yang semula membisu menjadi bergerak naik.
3. Hubungan gaya dan gerak pada bencana menciptakan gerabah ialah gaya yang dilakukan pengrajin ketika membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah.
Apa yang sudah kau pelajari hari ini? Apakah kau merasa bahagia dengan acara yang kau lakukan hari ini? Apakah kau kesulitan dalam mengikuti acara dalam pembelajaran hari ini? Coba renungkan! Tuliskan hasil renunganmu dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada hari ini ialah mengenal benda 3 dimensi, memilih sifat pada tokoh dongeng Aladin dan lampu Ajaib, memilih kekerabatan gaya dan gerak
Saya merasa bahagia dan semangat dalam mengikuti pembelajaran pada hari ini
Saya tidakmerasa kesulitan dalam mengikuti acara dalam pembelajaran hari ini
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba amati bencana yang berafiliasi dengan gaya dan gerak di lingkungan daerah tinggalmu bersama orang renta atau kakakmu. Tuliskah bencana yang kau amati. Tuliskan juga kekerabatan gaya dan gerak pada bencana itu. Tuliskan pada kolom berikut.
Nama :
Daerah Tempat Tinggal :
Alternatif Jawaban :
Nama : Rian
Daerah Tempat Tinggal : Permai indah
1. Peristiwa yang diamati: Mendorong kendaraan beroda empat yang mogok
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda membisu menjadi bergerak, alasannya benda yang semua membisu jikalau digerakkan akan bergerak
2. Peristiwa yang diamati : Mengerem sepeda
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda bergerak menjadi diam, alasannya benda yang sewaktu bergerak dan datang - datang dilarang sehingga benda tersebut menjadi diam
3. Peristiwa yang diamati: Saat kita menyalakan lilin, setelah meleleh akan berubah bentuknya.
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Perubahan bentuk benda, alasannya benda yang berubah bentuk jawaban terjadi sesuatu
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 3 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan acuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 133-140
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 133-140
Ayo MengamatiAmatilah gambar benda-benda berikut
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 133
Benda-benda pada gambar di atas merupakan gambar benda tiga dimensi.Apakah yang dimaksud benda tiga dimensi? Tuliskan pendapatmu mengenai pengertian benda tiga dimensi pada kolom berikut.
Alternatif Jawaban :
- Benda tiga dimensi ialah benda yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
- Wujud bidang bukan hanya bidang datar saja melainkan semua bidang.
- Menempati ruang
Ayo Membaca
Gambar ialah karya seni rupa dua dimensi. Karya seni rupa dua dimensi merupakan karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar. Objek gambar ialah benda-benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi ialah karya seni rupa yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi, serta mempunyai volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi contohnya benda hias dan benda yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas bunga, meja, kursi, lemari, dan lampu hias.
Berdasarkan pengertian karya seni tiga dimensi di atas, sanggup kau pahami adanya ciri-ciri tiga dimensi sebagai berikut.
1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
3. Memiliki volume.
Ditinjau dari jenis bendanya, ada tiga jenis benda yang biasa dituangkan
dalam gambar tiga dimensi. Tiga jenis benda yang dimaksud sebagai berikut.
1. Benda Kubistis
Benda kubistis ialah benda-benda yang berbentuk mirip bangunan kubus atau balok. Contohnya kotak pensil, kotak tisu, meja, kursi, lemari, kolam sampah, dan kulkas.
2. Benda Silindris
Benda silindris ialah benda-benda yang berbentuk mirip silinder (elips). Contohnya botol, gelas, piring, mangkuk, teko, dan guci.
3. Benda Bebas
Ciri-ciri benda tiga dimensi ialah yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya guci, vas Benda Bebas ialah benda-benda yang bentuknya tidak beraturan.
Contohnya buah-buahan, pepohonan, batu-batuan, dan benda alam lain.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 135
Ayo BerlatihJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, supaya kau lebih memahami karya benda tiga dimensi.
1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi.
2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?
3. Apa saja pola lain benda tiga dimensi yang sanggup ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari?
4. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?
Alternatif Jawaban :
1. Benda-benda mirip meja, kursi, vas bunga, dan perabot rumah tangga lainnya termasuk benda tiga dimensi alasannya benda pada gambar mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi, serta mempunyai volume dan ruang.
2. Berikut unsur-unsur karya tiga dimensi.
a. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
b. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
c. Menempati ruang.
3. Contoh lain karya seni tiga dimensi yang sanggup ditemukan dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yaitu patung, tugu, dan monumen.
4. Ada beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yaitu teknik arsir, teknik sapuan berair (aquarel), teknik dussel (gosok), teknik siluet (blok) dan teknik pointilis.
Ayo Berlatih
Kamu telah memahami jenis-jenis benda yang sanggup kau tuangkan dalam gambar tiga dimensi. Sekarang perhatikan gambar benda tiga dimensi berikut.
Kelompokkan gambar-gambar yang ada menurut jenisnya. Tuliskan dalam buku tugasmu ada berapa jenis benda dalam kelompok benda kubistis, kelompok benda silindris, dan kelompok benda bebas? Presentasikan di depan kelas secara bergantian.
Jenis benda tiga dimensi banyak bentuknya. Kamu sanggup menemukan bendabenda tiga dimensi di lingkungan daerah tinggalmu. Adakah perajin atau penjual gerabah di daerah tinggalmu? Lakukan acara berikut.
Ayo Mengamati
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Lakukan kunjungan secara kelompok ke daerah perajin atau penjual gerabah di lingkungan daerah tinggalmu. Amati gerabah yang dijual atau dibuat perajin. Tuliskan nama gerabah yang termasuk jenis benda yang biasa dituangkan dalam gambar tiga dimensi. Tuliskan sesuai tiga kelompok jenis benda tiga dimensi!
Teko merupakan benda tiga dimensi. Saat kita melihat teko, mengingatkan kita pada dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib”. Cerita Aladin dan Lampu Ajaib merupakan pola dongeng fiksi. Tahukah kau dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib” ?
Coba, cari tahu mengenai dongeng “Aladin dan Lampu Ajaib”.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 137
Ayo Berdiskusi1. Coba cari tahu mengenai dongeng fiksi Aladin dan Lampu Ajaib dengan cara bertanya kepada orang tua, kakak, guru, atau siapapun yang kau anggap tahu. Kamu juga sanggup mencari tahu melalui aneka macam media. Jika kau akan membuka internet, mintalah pendampingan dari orang tuamu atau orang dewasa.
2. Tuliskan kembali dengan singkat dongeng Aladin dan Lampu Ajaib. Tuliskan juga tokoh-tokoh dan sifatnya. Tuliskan dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib
Suatu hari, ia menemukan lampu asing di sebuah gua. Lampu tersebut ternyata merupakan daerah tinggal sesosok jin. Jin tersebut menyampaikan kepada Aladin bahwa ia sanggup mengabulkan tiga permohonan dari pemiliknya. Aladin pun memakai jin tersebut untuk mengabulkan permohonannya biar menjadi seorang pangeran untuk merebut hati seorang putri.
Meski awalnya sempat berkonflik dengan sang jin, namun risikonya Aladin berteman baik dengannya bahkan memakai harapan terakhirnya untuk membebaskan sang jin tersebut.
Tokoh-tokoh dan sifatnya
Aladin mempunyai sifat rendah hati(baik)
Yasmin mempunyai sifat baik hati,suka menolong,dan berbudi pekerti yg baik
Jin Biru mempunyai sifat baik
Kasim mempunyai sifat pendendam,jahat,dan suka menganiaya
Benda tiga dimensi berupa teko sanggup dibuat dengan cara dibuat dari tanah liat. Karena imbas gaya ketika membentuk, tanah liat yang tadinya tidak berbentuk menjadi bentuk teko. Masih ingatkah kau dengan pembelajaran 1 yang membahas wacana kekerabatan gaya dan gerak? Dapatkah kau menemukan kekerabatan gaya dan gerak pada bencana di lingkungan
daerah tinggal? Amatilah gambar bencana berikut.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar bencana anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin menciptakan gerabah berikut.
1. Anak bermain ketapel
Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya.
Berhati-hatilah ketika bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.
2. Paman menimba dengan ember
Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.
3. Perajin menciptakan gerabah
Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibuat oleh perajin menjadi aneka macam bentuk. Perhatikan gambar berikut.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 139
Bagaimana kekerabatan gerak dan gaya kaitannya dengan bencana tersebut?Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Hubungan gaya dan gerak pada bencana bermain ketapel ialah gaya ketika anak menarik ketapel dan melepaskannya memengaruhi kerikil yang semula membisu menjadi bergerak sehabis dilontarkan dengan memakai ketapel.
2. Hubungan gaya dan gerak pada bencana menimba ialah gaya yang dikerjakan paman ketika menarik tali timba menjadikan bejana yang semula membisu menjadi bergerak naik.
3. Hubungan gaya dan gerak pada bencana menciptakan gerabah ialah gaya yang dilakukan pengrajin ketika membentuk tanah liat mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 140
Ayo RenungkanApa yang sudah kau pelajari hari ini? Apakah kau merasa bahagia dengan acara yang kau lakukan hari ini? Apakah kau kesulitan dalam mengikuti acara dalam pembelajaran hari ini? Coba renungkan! Tuliskan hasil renunganmu dalam kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Yang sudah saya pelajari pada hari ini ialah mengenal benda 3 dimensi, memilih sifat pada tokoh dongeng Aladin dan lampu Ajaib, memilih kekerabatan gaya dan gerak
Saya merasa bahagia dan semangat dalam mengikuti pembelajaran pada hari ini
Saya tidakmerasa kesulitan dalam mengikuti acara dalam pembelajaran hari ini
Kerja Sama dengan Orang Tua
Coba amati bencana yang berafiliasi dengan gaya dan gerak di lingkungan daerah tinggalmu bersama orang renta atau kakakmu. Tuliskah bencana yang kau amati. Tuliskan juga kekerabatan gaya dan gerak pada bencana itu. Tuliskan pada kolom berikut.
Nama :
Daerah Tempat Tinggal :
Alternatif Jawaban :
Nama : Rian
Daerah Tempat Tinggal : Permai indah
1. Peristiwa yang diamati: Mendorong kendaraan beroda empat yang mogok
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda membisu menjadi bergerak, alasannya benda yang semua membisu jikalau digerakkan akan bergerak
2. Peristiwa yang diamati : Mengerem sepeda
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Benda bergerak menjadi diam, alasannya benda yang sewaktu bergerak dan datang - datang dilarang sehingga benda tersebut menjadi diam
3. Peristiwa yang diamati: Saat kita menyalakan lilin, setelah meleleh akan berubah bentuknya.
Hubungan Gaya dan Gerak pada Peristiwa : Perubahan bentuk benda, alasannya benda yang berubah bentuk jawaban terjadi sesuatu
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 133, 135, 137, 139, 140 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup eksklusif Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.