Sunday, 22 March 2020

Kunci Balasan Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 temanya ialah tentang Lingkungan Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan SBDP.

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21


Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan rujukan dalam berguru  untuk adik-adik semua. Baiklah pribadi saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 17-21

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-21


Hari itu Edo menerima kiprah untuk menyiapkan sebuah lagu daerah. Lagu itu akan dinyanyikan di depan teman-teman sekelasnya. Edo dan keluarganya berasal dari Papua. Edo teringat lagu kawasan di lingkungan tempat tinggalnya di Papua. Edo akan menyanyikan lagu dari Papua yang berjudul ”Yamko Rambe Yamko”.

Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu kawasan berikut dengan penuh semangat.

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Edo berhasil menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan baik. Saat bernyanyi, Edo memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Apa kau masih ingat perihal tempo dan tinggi rendah nada? Mari, mengingat kembali perihal tempo dan tinggi rendah nada.

Tempo ialah cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tempo cepat, tempo sedang, dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu harus diadaptasi dengan isi lagu. Sebagai contoh, lagu yang menggambarkan keriangan biasanya memakai tempo cepat.
Lagu untuk menidurkan bayi biasanya memakai tempo sedang ataupun tempo lambat.

Sementara itu, tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menghasilkan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu. Berikut urutan tinggi rendah nada yang disebut tangga nada dengan notasi angka dan notasi balok.

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Semakin ke kanan, nada semakin tinggi. Sebaliknya, semakin ke kiri, nada semakin rendah. Nada bertitik di bawah berarti nada rendah, nada tidak bertitik berarti nada sedang, dan nada bertitik di atas berarti nada tinggi.

Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada oktaf rendah, nadanada yang tidak bertitik disebut tangga nada oktaf sedang, dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada oktaf tinggi. Tangga nada ialah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 i.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 14, 15

Ayo Berlatih

Amatilah teks lagu “Yamko Rambe Yamko”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi lagu di depan. Apa yang kau temukan?

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Alternatif Jawaban :
Pada notasi angka lagu “ Yamko Rambe Yamko ” memakai nada tinggi dan nada sedang.Nada rendah tidak dipakai  dalam notasi lagu “ Yamko Rambe Yamko ”

Nyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama gurumu sesuai dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada. Gurumu akan menunjukkan instruksi tempo atau kecepatan dengan ketukan. Jelaskan tinggi rendah nada pada lagu ”Yamko Rambe Yamko”! Kamu sanggup pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo itu dipercepat.
ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Alternatif Jawaban :
Yamko Rambe Yamko
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Teemi nokibe kubano ko bembo ko yumano bungo awe ade.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.
Hongke hongke hongke riro hongke jombe jombe riro.

Kamu sanggup pula mengetuk tempo lagu yang dinyanyikan. Rasakan bila tempo lagu itu dipercepat. Apa makna yang terkandung dari lagu ”Yamko Rambe Yamko”?

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Alternatif Jawaban :
Judul Lagu: “ Yamko Rambe Yamko ”
Daeras asal: Papua
Makna: Lagu “ Yamko Rambe Yamko ” merupakan lagu yang bertemakan peperangan. Lagu ini menceritakan perihal pertikaian yang terjadi di dalam negeri. Pelantun lagu ingin menjadi bunga bangsa atau pendekar yang rela berkorban hingga mati untuk mempertahankan negara Indonesia dari penjajah.

Edo bernyanyi lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat dan percaya diri. Tidak disangka sehabis semua teman-teman bernyanyi, Ibu Guru bercerita mengenai dongeng rakyat Papua. Edo merasa besar hati alasannya ialah lingkungantempat tinggal keluarga besarnya kaya budaya. Ada lagu kawasan dan juga dongeng rakyat. Berikut dongeng yang disampaikan Ibu Guru.

Ayo Membaca
Bacalah dongeng rakyat berikut.
Kasuari dan Dara Makota
Kasuari mempunyai tubuh besar dan sayap lebar. Dia bisa terbang tinggi. Namun, Kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buahyang telah masak. Buah-buahan itu disembunyikan di bawah sayap- nya sehingga burung-burung lain tidak kebagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan Kasuari. Oleh alasannya ialah itu, tidak seekor burung pun mau berteman dengannya. Meski demikian, Kasuari tidak memedulikannya.

Lama-kemalaan Kasuari semakin serakah. Tidak hanya buah-buahan di pohon saja yang diambilnya, tetapi juga buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung-burung lain pun jengkel. Mereka mencari cara semoga Kasuari sadar dari sifat serakahnya.

”Bagaimana jikalau lomba terbang? Siapa yang bisa terbang tinggi dan paling jauh, dialah pemenangnya. Kalau Kasuari kalah, beliau dihentikan mencurangi kita lagi,” undangan Dara Makota.

”Siapa yang bisa melawan Kasuari? Badannya besar. Sayapnya lebar.  Sekali mengepakkan sayap, beliau niscaya bisa terbang jauh. Kita tidak akan menang,” jawab Pipit pesimis.

”Ingat, kita harus memakai akal. Serahkan semuanya kepadaku. Aku akan melawannya dalam perlombaan ini,” kata Dara Makota sambil tersenyum. Dia berusaha meyakinkan teman-temannya.

Teman-teman Dara Makota saling berpandangan. Mereka bertanyatanya dalam hati. Mungkinkah Dara Makota yang bertubuh kecil sanggup mengalahkan Kasuari yang besar?

Dara Makota memberikan tantangannya kepada Kasuari. Kasuari menyetujui tantangan Dara Makota. Saat pertandingan tiba, semua burung hadir untuk menyaksikan.

Dengan sombongnya Kasuari menertawakan Dara Makota. ”Sudahlah, kau mengalah saja daripada menerima malu,” ejek Kasuari.

Dara Makota bergeming. ”Siapa yang tertawa belakangan, beliau yang menang,” sahut Dara Makota.

Kasuari dan Dara Makota pun bertanding. Mereka melesat dengan kencang. Kasuari terbang cepat sekali. Sesekali Kasuari menoleh Dara Makota yang berada di belakangnya. Dia takut jikalau Dara Makota menyusulnya.

Saat asyik menoleh, tiba-tiba... BRAAK.... Kasuari menabrak batang pohon. Sebelah sayapnya pun patah. Semua yang hadir tertegun, tetapi Kasuari tak mau menyerah. Dia berusaha bangun dan mengepakngepakkan sayapnya. Sayangnya, beliau terus terjatuh dan menggelepar di tanah. Sementara itu, Dara Makota terus melesat jauh meninggalkan Kasuari.

Kasuari hanya sanggup memandang Dara Makota dengan rasa malu. Sekarang beliau gres tahu rasanya menjadi makhluk lemah. Selama ini beliau selalu merasa menjadi burung terhebat. Namun, dalam sekejap beliau tidak bisa terbang lagi.

Beberapa burung lain turun ke tanah. Mereka membantu Kasuari. Kasuari semakin malu alasannya ialah selama ini beliau telah mencurangi mereka.

Sejak ketika itu, Kasuari sadar dan mengubah perilakunya. Namun sayang sekali, semenjak ketika itu pula Kasuari tidak bisa terbang lagi. Dia harus mencari makan di tanah.
Disadur dari: Dian K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2014.

Pada Pembelajaran 1 telah dijelaskan bahwa dongeng Asal Mula Telaga Warna merupakan dongeng fiksi. Cerita yang diceritakan Ibu Guru di atas juga merupakan dongeng fiksi. Ayo, melaksanakan acara berikut.

Ayo Berlatih
Siapa saja tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut? Sebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. Kemudian, ceritakan secara verbal dongeng tersebut di depan teman-temandan gurumu.

Ada banyak sekali jenis dongeng fiksi, di antaranya dongeng rakyat, cerpen, dan novel. Adapun jenis dongeng rakyat antara lain dongeng jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 17

Ayo Berdiskusi
Carilah informasi perihal jenis-jenis dongeng fiksi berikut!

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21
ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Alternatif Jawaban :
Ada banyak sekali jenis dongeng fiksi, di antaranya sebagai berikut.
1.  Cerita rakyat
Jenis dongeng rakyat antara lain dongeng jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga.
a. Cerita jenaka ialah dongeng pendek berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan mengakibatkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar.
Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang.

b. Mite ialah dongeng berafiliasi dengan kepercayaan suatu benda, insiden gaib, alam gaib, atau yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib, menyerupai dewa, peri, dan Tuhan.
Contoh: Putri Tunjung Buih dan Putri dari Bambu

c. Fabel ialah dongeng dengan tokoh-tokoh hewan yang diceritakan hidup dan bermasyarakat menyerupai manusia.
Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau.

d. Legenda ialah dongeng usang mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, insiden alam, asal-usul suatu benda, atau insiden di suatu tempat atau daerah.
Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan Malinkundang.

e. Saga ialah dongeng usang yang mengandung unsur sejarah, contohnya kepahlawanan.
Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung.

2. Cerpen
Cerpen ialah dongeng fiksi yang memaparkan kisah ataupun dongeng perihal kehidupan insan melalui goresan pena pendek.
Cerpen sanggup selesai dibaca dalam sekali duduk.
Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar.

3. Novel
Novel ialah dongeng fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian dongeng kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan tabiat setiap tokoh.
Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 18

Ayo Berlatih
Bacalah kembali dongeng Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota.    .
Kemudian, identifikasilah jenis dongeng fiksi tersebut.

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Alternatif Jawaban :
Cerita Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota termasuk jenis dongeng rakyat. Cerita Asal Mula Telaga Warna merupakan dongeng rakyat berjenis legenda. Alasannya, isi cerita
tersebut mengisahkan asal mula terjadinya suatu tempat, yaitu Telaga Warna.

Sementara itu, dongeng Kasuari dan Dara Makota merupakan dongeng rakyat berjenis fabel. Alasannya, tokoh-tokoh yang terdapat pada dongeng ialah binatang, yaitu burung. Burungburung itu diceritakan hidup, bersosialisasi, dan sanggup berbicara layaknya manusia.

Kasuari dan Dara Mahota dalam dongeng di depan mempunyai sayap untuk terbang. Dengan terbang, mereka sanggup menuju tempat tertentu. Demikian juga dengan manusia. Manusia seringkali memakai saranatranspotasi, menyerupai sepeda, sepeda motor, mobil, pesawat, dan kapal untuk menuju tempat tertentu.

Pulang sekolah Edo mengendarai sepeda. Di jalan cukup ramai, Edo mengurangi kekuatan ketika mengayuh sepedanya. Laju sepeda menjadi lambat. Di jalan lengang, Edo menambah kekuatan ketika mengayuh sepeda. Laju sepeda menjadi cepat.

Kekuatan mengayuh memengaruhi laju sepeda. Saat Edo mengurangi kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah mengurangi gaya. Sepeda pun bergerak lambat atau pelan. Sebaliknya, ketika Edo menambah kekuatan dalam mengayuh sepeda, Edo telah menambah gaya. Sepeda pun bergerak cepat. Dengan demikian, gaya kuat terhadap gerak benda.

Apa kau masih ingat perihal gaya dan gerak?

ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Ayo Mencoba
Lakukan percobaan di bawah ini secara berpasangan.
Mendorong Meja Sendiri dan Bersama Teman
Tujuan  : mengetahui perubahan gerak jawaban gaya
Alat  : meja
Langkah kegiatan
1. Letakkan meja di tempat cukup luas.
2.
ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Doronglah meja secara sendiri dengan kekuatan penuh.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kau rasakan?
3.
ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga sanggup dijadikan referen Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21

Kemudian, doronglah meja bersama temanmu.
Gunakan kekuatan penuh menyerupai ketika mendorong sendirian.
Perhatikan gerakan meja.
Apa yang kau rasakan?

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 20, 21

Ayo Menulis
Tulislah hasil percobaanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apa perbedaan yang kau rasakan ketika mendorong meja sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban
Meja yang didorong sendiri dengan kekuatan penuh dengan meja didorong dengan dua orang anak dengan kekuatan penuh berbeda.  Jumlah gaya yang diperoleh meja yang didorong dua anak dua kali lebih besar dibandingkan jumlah gaya pada meja yang didorong
satu anak

2. Bagaimana pergerakan meja ketika didorong sendiri dan berdua?
Alternatif Jawaban :
Gerakan meja yang didorong dua anak menjadi lebih cepat. Sebaliknya, gerakan meja yang didorong satu anak menjadi lambat

3. Apa kesimpulanmu dari percobaan ini?
Alternatif Jawaban :
Kesimpulannya ialah pertolongan gaya kuat terhadap kecepatan gerak benda

Ayo Renungkan
Apa yang kau pelajari hari ini?
Alternatif Jawaban :
1. Menyanyikan lagu “Yamko Rambe Yamko” dengan tempo atau kecepatan dan tinggi rendah nada
2. Mencari informasi perihal jenis-jenis dongeng fiksi
3. Menentukan Jenis dongeng fiksi “ Kasuari dan Mara Makota” dan Asal Mula Telaga Warna
4. Melakukan percobaan mendorong meja Sendiri dan Bersama Teman

Apa yang harus kau perhatikan ketika menyanyi?
Alternatif Jawaban :
Hal yang perlu di perhatikan ialah tempo dan tinggi rendah nada

Apakah imbas gaya terhadap gerak benda?
Alternatif Jawaban : 
imbas gaya terhadap gerak benda antara lain :
1. Gaya sanggup mengakibatkan benda bergerak lebih cepat
2. Gaya sanggup mengakibatkan benda membisu menjadi bergerak
3. Gaya daoat mengakibatkan benda berubah arah

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bertanyalah kepada orang tuamu perihal lagu kawasan di lingkungan tempat tinggalmu. Apa saja lagu daerahmu? Kemudian, pilih satu lagu daerahmu. Mintalah orang tuamu untuk menyanyikannya. Tuliskan syair lagu yang dinyanyikan orang tuamu.

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 14, 15, 17, 18, 20, 21 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa pribadi Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

SHARE THIS