Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 104, 106, 108, 109, 110 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari mata pelajaran PKN, B.Indonesia dan SBDP.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif tanggapan sehingga sanggup dijadikan acuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif tanggapan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 104-110
Salah satu keunikan suatu tempat terdapat pada tariannya. Setiap tempat mempunyai tarian tempat berbeda. Ragam gerak tari dari banyak sekali tempat juga berbeda-beda. Setiap tempat mempunyai ciri khas pada gerak tari. Sebagai teladan ciri-ciri gerak tari yang terdapat pada gerak tari Bali dan gerak tari Sumatra. Apa saja ciri-ciri gerak tari Bali dan Sumatra? Mari, simak klarifikasi Dayu dan Beni berikut.
Ayo Mengamati
Dayu berasal dari Bali. Dayu menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Bali.
Amatilah gambar berikut.
Ciri-ciri gerak tari Bali
a. Gerakan pada umumnya dilakukan secara lincah, enerjik, dinamis, dan cepat.
b. Tidak hanya kepala, tangan, dan kaki yang digerakkan, mata juga digerakkan.
Beni berasal dari Sumatra. Beni menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Sumatra. Amatilah gambar berikut.
Ciri-ciri gerak tari Sumatra
a. Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.
b. Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.
c. Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak bermacam-macam dan tidak rumit.
Keunikan gerak tari yang disampaikan Dayu dan Beni di atas yaitu keunikan gerak tari tempat secara umum. Bagaimana keunikan gerak tari suatu tempat secara khusus? Salah satu teladan tari dari Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati dari Aceh? Mari, simak klarifikasi berikut.
Seudati yaitu tari kelompok yang berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.
Tari Seudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini menciptakan tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menjadikan bunyi keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya menciptakan tari Seudati menjadi lebih menarik.
Kamu telah mengetahui keunikan gerak tari Seudati dari Aceh. Bagaimana dengan daerahmu?
Alternatif Jawaban : Saya berasal dari tempat Cirebon Jawa Barat
Apakah daerahmu mempunyai tari daerah? Tari apa yang terdapat di tempat asalmu?
Alternatif Jawaban : Daerah Cirebon mempunyai tari tempat , Tari yang terdapat di tempat saya salah satunya yaitu Tari Topeng Cirebon
Bagaimana gerak tari yang berasal dari daerahmu? Apa keunikan gerak tari dari daerahmu? Jelaskan!
Alternatif Jawaban : Salah satu ciri khas tari topeng ini yaitu gerakan tangan dan badan yang gemulai, penarinya menggunakan menggunakan topeng di dikala menari, sementara itu iringan musik yang di dominasi oleh kendang dan rebab.
Lani dan teman-teman mempunyai kegemaran berbeda. Ada sobat Lain yang gemar menyanyi. Ada sobat Lani yang gemar menari. Ada juga sobat Lani yang mempunyai kegemaran lain. Mereka bekerja sama untuk mengadakan pertunjukan seni bersama.bagaimana denganmu dan teman-teman sekolahmu? Apa kegemaranmu dan teman-teman sekolahmu?
Ayo Berdiskusi
Bertanyalah kepada teman-teman. Apakah mereka mempunyai kegemaran pada kolom berikut. Tuliskan nama temanmu menurut kegemaran yang sesuai
1. Apa manfaat kegemaranmu bagi dirimu sendiri?
Alternatif Jawaban :
Manfaat kegemaranku bagi diriku sendiri yaitu untuk memperoleh keseimbangan hidup, kegemaran sanggup menghilangkan stres contohnya ketika kita akan menghadapi ujian sekolah mungkin kau sering merasa stres kita harus terus menerus belajar, untuk mengurangi stres cobalah lupakan sejenak wacana ujian. Lakukanlah hobimu, contohnya main gitar, menyanyi, atau bersepeda. Kegiatan itu akan menciptakan otak kita jadi segar kembali. Kalau sudah segar, barulah kita berguru kembali.
2. Apakah kegemaran temanmu memberi manfaat untukmu dan lingkungan sekitarmu? Jika ada manfaatnya, sebutkan manfaatnya?
Alternatif Jawaban :
Kegemaran sobat saya sangat bermanfaat, teladan kita mempunyai sobat yang gemar bersepeda, ketika saya merasa bosan kita bisa bersepeda bersama-sama.
3. Apakah kegemaranmu mengganggu orang lain? Bagaimana agar kegemaranmu tidak mengganggu orang lain?
Alternatif Jawaban :
Kegemaran saya tidak mengganggu orang lain, alasannya yaitu ketika kita melaksanakan kegemaran, kita
menentukan tempat yang sempurna dan megusahakan tidak mengganggu orang lain.
Tuliskan hasil diskusimu dalam kotak berikut. Kemukakan hasil diskusimu di depan guru dan teman-temanmu.
Siswa kelas IV setuju untuk menampilkan banyak sekali gerak tari yang dirangkai menjadi tari kreasi. Mereka akan menggabungkan dengan iringan tari lagu Apuse. Lagu Apuse merupakan lagu tempat Papua. Lagu Apuse dinyanyikan dengan penuh semangat. Tahukah kamu, bahwa perilaku semangat merupakan citra dari kehidupan rakyat Papua. Semangat masyarakat Papua di antaranya sanggup dilihat dikala mereka berburu dan berperang me- lawan hal yang tidak baik.
Ada kisah rakyat Papua yang menggambarkan semangat perlawanan membela kebaikan. Bagaimana ceritanya? Mari, kita baca bersama.
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut!
Caadara tumbuh menjadi perjaka tangkas dalam ilmu bela diri dan berburu. Panglima Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Dia merasa sudah saatnya Caadara menjadi panglima perang
menggantikan Panglima Wire. Panglima Wire mengutus Caadara untuk pergi berburu selama beberapa hari. Dia meminta Caadara membawa binatang hasil buruannya sebagai tanda bahwa Caadara telah menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Panglima Wire.
Caadara mematuhi perintah Panglima Wire. Dia segera berangkat ke hutan bersama beberapa temannya. Perjalanan mereka melewati hutan yang lebat dan bukit yang terjal. Setelah menempuh perjalanan berat, Caadara dan teman-temannya berhasil memperoleh binatangbinatang buruan. Mereka melanjutkan perjalanan pulang.
Saat perjalanan pulang, Caadara dan teman-temannya bertemu anjing pemburu. Anjing pemburu yaitu penanda adanya sekelompok orang aneh yang bisa mencelakai mereka. Caadara dan temantemannya segera menyusun rencana, mereka bersembunyi sambil menyiapkan seluruh senjata yang mereka punya. Tidak usang berselang, terdengar pekikan tanda permusuhan. Ternyata benar, pekikan itu berasal dari suku Kuala yang mengajak berperang.
Caadara memerintahkan teman-temannya pergi ke bukit yang tinggi dan membentuk benteng pertahanan. Tetapi peperangan tidak terelakkan lagi. Caadara dan teman-temannya berperang dengan suku Kuala. Pekikan mengerikan di sela bunyi senjata-senjata yang beradu tidak henti-hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. Dia berhasil mengalahkan pasukan suku Kuala. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil mengalahkan musuh.
“ Kamu mahir Caadara. Kamu pantas menjadi panglima perang kami.” Kata sobat Caadara.
“ Kami akan mengusulkan kepada Panglima Wire untuk mengangkatmu menjadi panglima perang yang baru.” Sahut seorang sobat Caadara lainnya.
“ Jujur saja saya tidak mengincar jabatan, teman-teman. Aku hanya ingin melaksanakan yang terbaik untuk desa kita.” Kata Caadara rendah hati.
Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu dengan selamat. Cerita wacana keberhasilan mereka mengalahkan suku Kuala segera terdengar oleh Panglima Wire. Panglima Wire sangat besar hati kepada Caadara. Dia meminta Caadara menyusun siasat perang untuk berjaga-jaga kalau suatu dikala suku Kuala kembali menyerang mereka. Caadara segera menyusun siasat perang. Siasat perang ini dinamakan Caadara Ura. Siasat perang Caadara Ura mencakup cara
melempar senjata, menyerbu lawan, mempertahankan diri, dan seni bela diri jarak dekat. Caadara pun menggantikan ayahnya sebagai panglima perang Desa Kramuderu.
Disadur dari:Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.
2. Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat dalam kisah berjudul ”Caadara” di depan ?
3. Menurutmu, apakah Caadara merupakan tokoh utama dalam kisah di depan, jelaskan ?
4. Sebutkan tokoh protagonis dalam kisah berjudul ”Caadara” di depan!
5. Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Menurutmu, siapa saja tokoh antagonis dalam kisah berjudul ”Caadara” di depan!
Alternatif Jawaban :
1. Caadara merupakan anak dari Panglima Wire, Panglima dari Desa Kramuderu. Caadara mempunyai talenta dalam ilmu bela diri dan ketangkasan. Suatu hari, Panglima Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Beliau mengutus Caadara untuk berburu dan membawa pulang hasil buruannya. Caadara berangkat berburu bersama beberapa temannya. Dia pun berhasil mendapat binatang buruan. Saat perjalanan pulang, Caadara dan teman-temannya bertemu dengan suku Kuala. Caadara menyusun taktik dan melawan suku Kuala. Caadara berhasil mengalahkan suku Kuala. Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu. Cerita keberhasilan merekapun diketahui oleh Panglima Wire. Beliau meminta Caadara untuk menyusun siasat perang. Siasat perang tersebut dinamakan Caadara Ura.
2. Tokoh dalam kisah berjudul Caadara yaitu Panglima Wire, Caadara, teman-teman Caadara, dan suku Kuala.
3. Ya, Caadara yaitu tokoh utama dalam kisah berjudul Caadara. Alasannya, alasannya yaitu tokoh Caadara muncul terus-menerus dan mendominasi cerita. Selain Caadara juga ada tokoh utama lain, yakni Panglima Wire.
4. Tokoh protagonis dalam kisah berjudul Caadara yaitu Caadara, Panglima Wire, dan sobat Caadara.
5. Tokoh antagonis yaitu tokoh yang bersifat jahat. Tokoh antagonis dalam kisah berjudul Caadara yaitu suku Kuala.
- Pengetahuan apa yang kau pelajari dari pembelajaran hari ini? Tuliskan dalam kotak dibawah ini.\
Alternatif Jawaban :
Dalam pembelajaran hari ini saya sanggup meringkas kisah dan menentukan tokoh-tokoh dalam cerita
- Apa hal menarik yang kau temukan dalam pembelajaran hari ini? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Hal menarik yang saya temukan dalam pembelajaran hari ini yaitu mengetahui kesukaan teman-teman saya dan membaca kisah Caadara
- Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Alternatif Jawaban :
Perasaan saya dikala berguru yaitu bahagia dan semangat
Kerja Sama dengan Orang Tua
Kamu niscaya mempunyai kegemaran. Cari tahu manfaat kegemaranmu untuk dirimu dan lingkungan sekitarmu. Sampaikan kegemaranmu dan keuntungannya kepada orang tuamu.
Demikianlah postingan bahan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 104, 106, 108, 109, 110 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif tanggapan sehingga sanggup dijadikan acuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah eksklusif saja kita simak bersama alternatif tanggapan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 104-110
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 104-110
Siswa kelas IV akan mengadakan pertunjukan seni bersama. Mereka berdiskusi untuk menentukan pertunjukan yang akan ditampilkan. Siswa kelas IV berasal dari tempat yang berbeda-beda. Setiap tempat mempunyai keunikan tersendiri.Salah satu keunikan suatu tempat terdapat pada tariannya. Setiap tempat mempunyai tarian tempat berbeda. Ragam gerak tari dari banyak sekali tempat juga berbeda-beda. Setiap tempat mempunyai ciri khas pada gerak tari. Sebagai teladan ciri-ciri gerak tari yang terdapat pada gerak tari Bali dan gerak tari Sumatra. Apa saja ciri-ciri gerak tari Bali dan Sumatra? Mari, simak klarifikasi Dayu dan Beni berikut.
Ayo Mengamati
Dayu berasal dari Bali. Dayu menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Bali.
Amatilah gambar berikut.
Ciri-ciri gerak tari Bali
a. Gerakan pada umumnya dilakukan secara lincah, enerjik, dinamis, dan cepat.
b. Tidak hanya kepala, tangan, dan kaki yang digerakkan, mata juga digerakkan.
Beni berasal dari Sumatra. Beni menjelaskan mengenai ciri-ciri gerak tari Sumatra. Amatilah gambar berikut.
Ciri-ciri gerak tari Sumatra
a. Gerak tari pada umumnya dilakukan secara lincah dan gesit.
b. Gerak tari lebih menekankan pada gerakan-gerakan kaki.
c. Gerak lengan, tangan, jari, leher, dan kepala tidak bermacam-macam dan tidak rumit.
Keunikan gerak tari yang disampaikan Dayu dan Beni di atas yaitu keunikan gerak tari tempat secara umum. Bagaimana keunikan gerak tari suatu tempat secara khusus? Salah satu teladan tari dari Sumatra yaitu tari Seudati dari Aceh. Bagaimana keunikan gerak tari Seudati dari Aceh? Mari, simak klarifikasi berikut.
Seudati yaitu tari kelompok yang berasal dari Aceh. Pertunjukan tari Seudati tidak menggunakan iringan berupa alat musik. Iringan tari Seudati berupa nyanyian yang dilantunkan dua orang.
Tari Seudati sangat dinamis. Langkah maju, mundur, ke samping kiri dan ke samping kanan, serta lari dengan angkatan kaki tinggi pada tari Seudati dilakukan secara cepat. Hal ini menciptakan tari Seudati sangat menarik. Tepukan dada yang menjadikan bunyi keras dan dalam, serta jentikan jari bersuara lembut para penarinya menciptakan tari Seudati menjadi lebih menarik.
Kamu telah mengetahui keunikan gerak tari Seudati dari Aceh. Bagaimana dengan daerahmu?
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 104
Berasal dari tempat manakah kamu?Alternatif Jawaban : Saya berasal dari tempat Cirebon Jawa Barat
Apakah daerahmu mempunyai tari daerah? Tari apa yang terdapat di tempat asalmu?
Alternatif Jawaban : Daerah Cirebon mempunyai tari tempat , Tari yang terdapat di tempat saya salah satunya yaitu Tari Topeng Cirebon
Bagaimana gerak tari yang berasal dari daerahmu? Apa keunikan gerak tari dari daerahmu? Jelaskan!
Alternatif Jawaban : Salah satu ciri khas tari topeng ini yaitu gerakan tangan dan badan yang gemulai, penarinya menggunakan menggunakan topeng di dikala menari, sementara itu iringan musik yang di dominasi oleh kendang dan rebab.
Lani dan teman-teman mempunyai kegemaran berbeda. Ada sobat Lain yang gemar menyanyi. Ada sobat Lani yang gemar menari. Ada juga sobat Lani yang mempunyai kegemaran lain. Mereka bekerja sama untuk mengadakan pertunjukan seni bersama.bagaimana denganmu dan teman-teman sekolahmu? Apa kegemaranmu dan teman-teman sekolahmu?
Ayo Berdiskusi
Bertanyalah kepada teman-teman. Apakah mereka mempunyai kegemaran pada kolom berikut. Tuliskan nama temanmu menurut kegemaran yang sesuai
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 106
Setelah kau mengetahui kegemaranmu dan teman-temanmu, lakukan diskusi untuk menjawab pertanyaan berikut.1. Apa manfaat kegemaranmu bagi dirimu sendiri?
Alternatif Jawaban :
Manfaat kegemaranku bagi diriku sendiri yaitu untuk memperoleh keseimbangan hidup, kegemaran sanggup menghilangkan stres contohnya ketika kita akan menghadapi ujian sekolah mungkin kau sering merasa stres kita harus terus menerus belajar, untuk mengurangi stres cobalah lupakan sejenak wacana ujian. Lakukanlah hobimu, contohnya main gitar, menyanyi, atau bersepeda. Kegiatan itu akan menciptakan otak kita jadi segar kembali. Kalau sudah segar, barulah kita berguru kembali.
2. Apakah kegemaran temanmu memberi manfaat untukmu dan lingkungan sekitarmu? Jika ada manfaatnya, sebutkan manfaatnya?
Alternatif Jawaban :
Kegemaran sobat saya sangat bermanfaat, teladan kita mempunyai sobat yang gemar bersepeda, ketika saya merasa bosan kita bisa bersepeda bersama-sama.
3. Apakah kegemaranmu mengganggu orang lain? Bagaimana agar kegemaranmu tidak mengganggu orang lain?
Alternatif Jawaban :
Kegemaran saya tidak mengganggu orang lain, alasannya yaitu ketika kita melaksanakan kegemaran, kita
menentukan tempat yang sempurna dan megusahakan tidak mengganggu orang lain.
Tuliskan hasil diskusimu dalam kotak berikut. Kemukakan hasil diskusimu di depan guru dan teman-temanmu.
Siswa kelas IV setuju untuk menampilkan banyak sekali gerak tari yang dirangkai menjadi tari kreasi. Mereka akan menggabungkan dengan iringan tari lagu Apuse. Lagu Apuse merupakan lagu tempat Papua. Lagu Apuse dinyanyikan dengan penuh semangat. Tahukah kamu, bahwa perilaku semangat merupakan citra dari kehidupan rakyat Papua. Semangat masyarakat Papua di antaranya sanggup dilihat dikala mereka berburu dan berperang me- lawan hal yang tidak baik.
Ada kisah rakyat Papua yang menggambarkan semangat perlawanan membela kebaikan. Bagaimana ceritanya? Mari, kita baca bersama.
Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut!
Caadara
Panglima Wire yaitu panglima perang dari Desa Kramuderu yang gagah berani. Panglima Wire mempunyai seorang putra berjulukan Caadara. Caadara kecil mempunyai talenta dalam ilmu bela diri dan ketangkasan. Panglima Wire melatih Caadara dengan impian Caadara sanggup menggantikannya kelak.Caadara tumbuh menjadi perjaka tangkas dalam ilmu bela diri dan berburu. Panglima Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Dia merasa sudah saatnya Caadara menjadi panglima perang
menggantikan Panglima Wire. Panglima Wire mengutus Caadara untuk pergi berburu selama beberapa hari. Dia meminta Caadara membawa binatang hasil buruannya sebagai tanda bahwa Caadara telah menguasai semua ilmu yang diajarkan oleh Panglima Wire.
Caadara mematuhi perintah Panglima Wire. Dia segera berangkat ke hutan bersama beberapa temannya. Perjalanan mereka melewati hutan yang lebat dan bukit yang terjal. Setelah menempuh perjalanan berat, Caadara dan teman-temannya berhasil memperoleh binatangbinatang buruan. Mereka melanjutkan perjalanan pulang.
Saat perjalanan pulang, Caadara dan teman-temannya bertemu anjing pemburu. Anjing pemburu yaitu penanda adanya sekelompok orang aneh yang bisa mencelakai mereka. Caadara dan temantemannya segera menyusun rencana, mereka bersembunyi sambil menyiapkan seluruh senjata yang mereka punya. Tidak usang berselang, terdengar pekikan tanda permusuhan. Ternyata benar, pekikan itu berasal dari suku Kuala yang mengajak berperang.
Caadara memerintahkan teman-temannya pergi ke bukit yang tinggi dan membentuk benteng pertahanan. Tetapi peperangan tidak terelakkan lagi. Caadara dan teman-temannya berperang dengan suku Kuala. Pekikan mengerikan di sela bunyi senjata-senjata yang beradu tidak henti-hentinya terdengar. Namun, Caadara tidak gentar. Dia berhasil mengalahkan pasukan suku Kuala. Berkat petunjuk Caadara, teman-temannya pun berhasil mengalahkan musuh.
“ Kamu mahir Caadara. Kamu pantas menjadi panglima perang kami.” Kata sobat Caadara.
“ Kami akan mengusulkan kepada Panglima Wire untuk mengangkatmu menjadi panglima perang yang baru.” Sahut seorang sobat Caadara lainnya.
“ Jujur saja saya tidak mengincar jabatan, teman-teman. Aku hanya ingin melaksanakan yang terbaik untuk desa kita.” Kata Caadara rendah hati.
Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu dengan selamat. Cerita wacana keberhasilan mereka mengalahkan suku Kuala segera terdengar oleh Panglima Wire. Panglima Wire sangat besar hati kepada Caadara. Dia meminta Caadara menyusun siasat perang untuk berjaga-jaga kalau suatu dikala suku Kuala kembali menyerang mereka. Caadara segera menyusun siasat perang. Siasat perang ini dinamakan Caadara Ura. Siasat perang Caadara Ura mencakup cara
melempar senjata, menyerbu lawan, mempertahankan diri, dan seni bela diri jarak dekat. Caadara pun menggantikan ayahnya sebagai panglima perang Desa Kramuderu.
Disadur dari:Dian. K, 100 Cerita Rakyat Nusantara, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2016.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 108, 109
1. Tuliskan ringkasan kisah di atas pada kotak berikut.3. Menurutmu, apakah Caadara merupakan tokoh utama dalam kisah di depan, jelaskan ?
4. Sebutkan tokoh protagonis dalam kisah berjudul ”Caadara” di depan!
5. Apa yang dimaksud dengan tokoh antagonis? Menurutmu, siapa saja tokoh antagonis dalam kisah berjudul ”Caadara” di depan!
Alternatif Jawaban :
1. Caadara merupakan anak dari Panglima Wire, Panglima dari Desa Kramuderu. Caadara mempunyai talenta dalam ilmu bela diri dan ketangkasan. Suatu hari, Panglima Wire ingin menguji kemampuan anaknya. Beliau mengutus Caadara untuk berburu dan membawa pulang hasil buruannya. Caadara berangkat berburu bersama beberapa temannya. Dia pun berhasil mendapat binatang buruan. Saat perjalanan pulang, Caadara dan teman-temannya bertemu dengan suku Kuala. Caadara menyusun taktik dan melawan suku Kuala. Caadara berhasil mengalahkan suku Kuala. Caadara dan teman-temannya kembali ke Desa Kramuderu. Cerita keberhasilan merekapun diketahui oleh Panglima Wire. Beliau meminta Caadara untuk menyusun siasat perang. Siasat perang tersebut dinamakan Caadara Ura.
2. Tokoh dalam kisah berjudul Caadara yaitu Panglima Wire, Caadara, teman-teman Caadara, dan suku Kuala.
3. Ya, Caadara yaitu tokoh utama dalam kisah berjudul Caadara. Alasannya, alasannya yaitu tokoh Caadara muncul terus-menerus dan mendominasi cerita. Selain Caadara juga ada tokoh utama lain, yakni Panglima Wire.
4. Tokoh protagonis dalam kisah berjudul Caadara yaitu Caadara, Panglima Wire, dan sobat Caadara.
5. Tokoh antagonis yaitu tokoh yang bersifat jahat. Tokoh antagonis dalam kisah berjudul Caadara yaitu suku Kuala.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 110
Ayo Renungkan- Pengetahuan apa yang kau pelajari dari pembelajaran hari ini? Tuliskan dalam kotak dibawah ini.\
Alternatif Jawaban :
Dalam pembelajaran hari ini saya sanggup meringkas kisah dan menentukan tokoh-tokoh dalam cerita
- Apa hal menarik yang kau temukan dalam pembelajaran hari ini? Jelaskan!
Alternatif Jawaban :
Hal menarik yang saya temukan dalam pembelajaran hari ini yaitu mengetahui kesukaan teman-teman saya dan membaca kisah Caadara
- Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Alternatif Jawaban :
Perasaan saya dikala berguru yaitu bahagia dan semangat
Kerja Sama dengan Orang Tua
Kamu niscaya mempunyai kegemaran. Cari tahu manfaat kegemaranmu untuk dirimu dan lingkungan sekitarmu. Sampaikan kegemaranmu dan keuntungannya kepada orang tuamu.
Demikianlah postingan bahan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 104, 106, 108, 109, 110 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 2 Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.