Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 126, 128, 129, 130, 131, 132 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari mata pelajaran IPA dan B.Indonesia.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif balasan sehingga sanggup dijadikan tumpuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah pribadi saja kita simak bersama alternatif balasan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 126-132
Selesai melayani pesanan bakso Siti dan Lani, tukang bakso melanjutkan perjalanannya. Siti dan Lani memperhatikan gerobak bergerak maju lantaran dorongan tukang bakso. Begitu juga dengan sepeda, sepeda bergerak maju lantaran dituntun, didorong, dan dikayuh. Mendorong dan mengayuh merupakan gaya yang sanggup menimbulkan gerobak dan sepeda bergerak. Berikut lebih lanjut pengetahuan perihal gaya dan gerak.
Masih ingatkah kau dengan pembelajaran di subtema 1 dan subtema 2 yang membahas perihal gaya dan gerak? Untuk melaksanakan gaya kau perlu tenaga. Bagimana hubungan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari?
Dalam kehidupan sehari-hari banyak insiden yang memperlihatkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. Berikut beberapa pola hubungan gaya dan gerak.
Ayo Mengamati
1. Gaya memengaruhi benda membisu menjadi bergerak.
Gambar di atas memperlihatkan insiden pintu terbuka dan pintu menutup.
Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka dan menutup.
2. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
Gambar di atas memperlihatkan insiden bus dari melaju kemudian berhenti. Pada insiden itu pak sopir melaksanakan gaya dengan menginjak rem bus. Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, kemudian berhenti.
3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda.
Gambar di atas memperlihatkan insiden perubahan bentuk plastisin. Pada
insiden itu anak bermain plastisin dengan melaksanakan gaya membentuk aneka macam bentuk dari plastisin. Dengan gaya yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk.
4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.
Gambar berikut memperlihatkan insiden perubahan arah gerak bola lantaran gaya yang diberikan pada bola. Pada insiden itu bola dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke atas. Kemudian, bola dipukul ke depan sehingga bola bergerak ke arah depan.
Amatilah insiden di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. Tuliskan hasil pengamatanmu pada kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Dado
Kelas : IV
Alamat : Desa Mawar
Objek atau insiden yang diamati : Peristiwa Perputaran Gasing
Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai insiden :
Peristiwa perputaran gasing sanggup menimbulkan perubahan arah gerak sebuah gasing, umumnya mengakibatkan gerakan secara acak baik ke kiri, kanan, depan, maupun belakang dari titik awal.
Siti dan Lani hingga di bengkel sepeda. Sambil menunggu pekerja bengkel menambal ban sepeda, Siti dan Lani bercerita. Saat Siti asyik bercerita, tibatiba Lani berteriak sambil menunjuk ke atas. “Ada belibis terbang, cantik, ya” kata Lani. Siti menjadi teringat bahwa ia pernah membaca dongeng fiksi Angsa dan Telur Mas. Berikut dongeng yang pernah dibaca Siti.
Ayo Membaca
Ikuti dongeng dalam bacaan yang dibaca oleh Siti berikut.
Alkisah, ada seorang petani sederhana mempunyai seekor angsa. Angsa yang dimiliki petani bukan sekadar belibis biasa, melainkan belibis yang elok dan istimewa. Keistimewaannya yaitu belibis milik petani menghasilkan telur emas. Petani senang mempunyai belibis istimewa itu. membawa telur emas dari belibis miliknya ke pasar. Petani menjual telur emas dengan harga tinggi. Dalam waktu singkat petani bermetamorfosis kaya.
Kekayaan ternyata tidak menciptakan petani lebih bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, kekayaan menciptakan petani serakah. Petani menginginkan belibis sanggup menghasilkan telur emas lebih banyak lagi dalam waktu singkat. Petani tidak sabar dan ingin cepat menjadi orang kaya raya. Ketidaksabaran petani terhadap belibis miliknya muncul lantaran belibis hanya memperlihatkan sebuah telur setiap hari. Petani merasa ia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.
Setiap hari sepulang dari pasar, petani menghitung uangnya. Suatu hari, sesudah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani. Petani berpikir bahwa ia akan mendapat semua telur emas dalam diri belibis sekaligus dengan cara memotong angsa. Gagasan petani pun dilaksanakan. Betapa kaget dan sedihnya petani ketika tidak menemukan satu telur pun dalam perut angsa. Angsa istimewanya terlanjur mati dipotong. Hanya penyesalan yang sanggup petani rasakan dikala ini. Keinginan petani menjadi kaya raya semakin jauh dari angan-angannya.
Sumber: http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Angsa-dan-Telur-Emas-54
Dari dongeng di atas kita sanggup mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai insan harus mensyukuri yang sudah dimiliki. Jangan serakah hanya lantaran ingin cepat kaya. Sesungguhnya Tuhan sudah mengatur rezeki manusia. “Barang siapa yang telah mempunyai sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang lebih lagi, akan kehilangan semua yang dimilikinya”.
Berdasarkan bacaan dongeng “Angsa dan Telur Mas” di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa inti dari teks dongeng tersebut?
2. Siapakah tokoh utama dalam dongeng tersebut?
3. Bagaimanakah perilaku yang dimiliki tokoh utama?
4. Bagaimanakah seharusnya perilaku tokoh utama atas nikmat yang sudah ia peroleh?
5. Apa yang akan kau lakukan kalau menjadi tokoh utama dalam dongeng tersebut?
Alternatif Jawaban :
1. Inti dari dongeng perihal seorang petani yang mempunyai belibis istimewa. Angsa tersebut sanggup bertelur emas. Petani ingin angsanya banyak bertelur supaya ia cepat kaya.
2. Tokoh utama dalam dongeng yaitu petani.
3. Sikap yang dimiliki petani yaitu tamak dan tidak pernah merasa cukup.
4. Seharusnya, tokoh utama bersyukur atas nikmat yang sudah ia peroleh.
5. Jika menjadi tokoh utama dalam dongeng tersebut, saya akan bersyukur terhadap rezeki yang telah saya peroleh.
Pada dasarnya, dongeng fiksi yaitu dongeng rekaan. Isi dongeng fiksi dibentuk menurut hasil olahan imajinasi atau daya pikir pengarangnya secara artistik dan intens. Cerita fiksi diwarnai oleh kultur, pengalaman batin, filosofi, religiositas, dan latar belakang pengarang lainnya. Selain itu, dongeng fiksi diolah menurut pandangan, tafsiran, kecerdikan, wawasan, dan evaluasi pengarang terhadap aneka macam peristiwa, baik insiden aktual maupun insiden hasil rekaan semata.
Banyak dongeng fiksi yang sanggup kau baca di perpustakaan sekolah atau di toko-toko buku. Buatlah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, setiap anak mencari lima judul dongeng fiksi, baik di perpustakaan sekolah, di toko-toko buku, maupun dari internet. Mintalah pendampingan abang atau orang renta pada dikala mengakses internet. Cerita yang diperoleh setiap siswa, hendaknya dibaca oleh 4 anak anggota kelompok. Setelah kelima anak membaca cerita
yang diperoleh, berdiskusilah mengenai inti cerita. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak tabel berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Judul Cerita : Kancil dan Siput
Tokoh Cerita : Kancil Siput
Sifat tokoh : sombong, cerdik, cerdas, jujur
Inti Cerita : Intinya yaitu jangan pernah meremehkan kekurangan orang lain karna tidak ada makhluk hidup yang tidak mempunyai kekurangan. Dan jangan pernah menghina fisik orang lain, karna belum tentu pikiran dan otaknya juga lemah.
2. Judul Cerita :Malin Kundang
Tokoh Cerita : Malin Kundang,Ibu malin kundang, dan Istri malin kundang
Sifat tokoh : baik, sabar, penyayang, angkuh, pemarah
Inti Cerita : Malin kundang dikutuk jadi kerikil ketika durhaka kepada ibunya, kita dihentikan durhaka kepada orag tua, kita harus selalu menyayanginya
3. Judul Cerita : Keong Mas
Tokoh Cerita : Raja Kerta Marta, Raden Inu Kertapati, Candra Kirana, Galuh ajeng, Dewi Sekar, Penyihir, Nenek
Sifat Tokoh : bijaksana, baik, cerdas, suka menolong, baik hati, jahat, kejam, rajin
Inti Ceita : Kita dihentikan iri hati kepada siapapun apa lagi kepada saudara sendiri.
Galuh Ajeng dan Ibunya menyuruh penyihir untuk mengutuk Candra Kirana menjadi Keong Mas. Namun, dengan kegigihan Raden Inu, Kirana sanggup kembali ke Istana dan kutukan tersebut hilang. Rencana komitmen nikah mereka pun berlangsung meriah dan mereka hidup bahagia.
4. Judul Cerita : Roro Jonggrang
Tokoh Cerita : Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, Raja Prambanan, Raja Pengging
Sifat Tokoh : sopan santun, tidak menepati janji, gagah, sakti, arogan, sombong, kejam, pendendam
Inti Cerita : Roro jonggrang mendapat kutukan menjadi patung dari bandung bondowoso lantaran roro jonggrang melanggar janjinya.
Bandung Bondowoso yg ingin menikahi roro jongrang tetapi roro jonggrang meminta syarat, syaratnya ia harus menciptakan 1000 candi untuknya, kemudian bondowoso pun menyetujuinya ia menciptakan 1000 candi dalam 1 malam dengan dukungan jin. kemudian roro jonggrang menciptakan rencana supaya jin itu menyangka bahwa pagi telah datang, alhasil jin-jin itu menghentikan menciptakan candinya sehingga candi tersebut menjadi 999 candi itu kurang satu kemudian bindowoso mengutuk roro jonggrang menjadi candi alhasil genap 1000 candi.
5. Judul Cerita : Lutung Kasarung
Tokoh Cerita : Prabu Tapak Agung, Purbasari, Purba Rarang, Lutung Kasarung, Patih
Sifat Tokoh: penyayang,mudah dihasut, pemaaf, penyabar, dan baik hati, jahat, kejam, iri, penyayang
Inti Cerita : Kita dihentikan jahat kepada sesama dan mengasihi seseorang dengan tulus, tidak hanya memandang fisiknya saja tetapi kita juga harus memandang hatinya.
Lutung Kasarung yang artinya Lutung yang Tersesat yaitu dongeng rakyat yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda perihal perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Bumi dalam wujud seekor lutung. Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang. Lutung Kasarung yaitu seekor mahkluk yang jelek rupa. Pada alhasil ia bermetamorfosis pangeran dan mengawini Purbasari, dan mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu bersama-sama.
Ban sepeda Siti selesai ditambal. Siti dan Lani lega. Karena hari sudah sore, Siti dan Lani pulang. Siti mengayuh sepeda dan Lani membonceng di belakang. Siti mengayuh sepeda dengan santai, tidak tergesa-gesa ataupun lambat sehingga laju sepeda Siti pun sedang.
Ayo Renungkan
Kamu telah mempelajari hubungan gaya dan gerak. Apakah gaya dan gerak benda penting bagi kehidupanmu? Coba, kau renungkan dan beri alasan atas hasil renunganmu. Tuliskan hasil renungan beserta alasannya dalam bentuk kolom ibarat berikut.
Alternatif Jawaban :
Gaya dan gerak benda penting bagi kehidupan saya, lantaran sesuatu yang tidak dikenai gaya tidak akan bergerak dan berpindah. Kehidupan kita semua butuh gaya dan gerak
Gaya sangat kau butuhkan pada dikala kau akan memindahkan barangbarang berat dirumahmu, contohnya lemari, meja belajar, daerah tidur, dan barang-barang lain. Gaya yang sangat kau butuhkan pada dikala akan memindahkan barang-barang berat di rumah antara lain gerak otot menarik dan mendorong. Tuliskan tiga gaya yang sering kau gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dihasilkan dari gaya yang kau lakukan.
Bekerja samalah dengan anggota keluargamu untuk mengerjakan kiprah ini. Tuliskan hasilnya pada kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Gaya yang sering saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah
1. Gaya otot, yang dihasilkan dari gaya otot yaitu ketika kita melaksanakan acara berjalan dan berlari
2. Gaya gravitasi, yang dihasilkan dari gaya gravitasi adalahketika kita melempar bolake atas dan bola tersebut jatuh kebawah
3. Gaya gesek, yang dihasilkan dari gaya gesesek yaitu ketika kita mengerem sepeda
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 126, 128, 129, 130, 131, 132 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 8 Subtema 2 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif balasan sehingga sanggup dijadikan tumpuan dalam berguru untuk adik-adik semua. Baiklah pribadi saja kita simak bersama alternatif balasan tematik Tema 8 Kelas 4 SD Halaman 126-132
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 126-132
Siti dan Lani mencari bengkel sepeda untuk menambal ban sepeda. Siti merasa lapar. Tiba-tiba terdengar suara, ting. . . ting. . . ting. . . . Di seberang jalan terlihat penjual bakso dorong lewat. Penjual bakso mendorong gerobaknya dan sesekali berhenti untuk membunyikan mangkok sebagai tanda bahwa ada bakso. Siti dan Lani setuju untuk makan bakso dahulu. Mereka memanggil penjual bakso.Selesai melayani pesanan bakso Siti dan Lani, tukang bakso melanjutkan perjalanannya. Siti dan Lani memperhatikan gerobak bergerak maju lantaran dorongan tukang bakso. Begitu juga dengan sepeda, sepeda bergerak maju lantaran dituntun, didorong, dan dikayuh. Mendorong dan mengayuh merupakan gaya yang sanggup menimbulkan gerobak dan sepeda bergerak. Berikut lebih lanjut pengetahuan perihal gaya dan gerak.
Masih ingatkah kau dengan pembelajaran di subtema 1 dan subtema 2 yang membahas perihal gaya dan gerak? Untuk melaksanakan gaya kau perlu tenaga. Bagimana hubungan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari?
Dalam kehidupan sehari-hari banyak insiden yang memperlihatkan bahwa ada hubungan antara gaya dan gerak. Berikut beberapa pola hubungan gaya dan gerak.
Ayo Mengamati
1. Gaya memengaruhi benda membisu menjadi bergerak.
Gambar di atas memperlihatkan insiden pintu terbuka dan pintu menutup.
Dengan adanya gaya berupa dorongan dan tarikan pintu bergerak membuka dan menutup.
2. Gaya memengaruhi benda bergerak menjadi diam.
Gambar di atas memperlihatkan insiden bus dari melaju kemudian berhenti. Pada insiden itu pak sopir melaksanakan gaya dengan menginjak rem bus. Dengan gaya yang dilakukan pak sopir bus menjadi lambat, kemudian berhenti.
3. Gaya memengaruhi perubahan bentuk benda.
Gambar di atas memperlihatkan insiden perubahan bentuk plastisin. Pada
insiden itu anak bermain plastisin dengan melaksanakan gaya membentuk aneka macam bentuk dari plastisin. Dengan gaya yang dilakukan, plastisin menjadi berubah bentuk.
4. Gaya memengaruhi perubahan arah gerak benda.
Gambar berikut memperlihatkan insiden perubahan arah gerak bola lantaran gaya yang diberikan pada bola. Pada insiden itu bola dilambungkan ke atas sehingga bola bergerak ke atas. Kemudian, bola dipukul ke depan sehingga bola bergerak ke arah depan.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 126
Ayo BerdiskusiAmatilah insiden di lingkunganmu yang berkaitan dengan hubungan antara gaya dan gerak. Tuliskan hasil pengamatanmu pada kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Dado
Kelas : IV
Alamat : Desa Mawar
Objek atau insiden yang diamati : Peristiwa Perputaran Gasing
Hasil pengamatan berupa hubungan gaya dan gerak sesuai insiden :
Peristiwa perputaran gasing sanggup menimbulkan perubahan arah gerak sebuah gasing, umumnya mengakibatkan gerakan secara acak baik ke kiri, kanan, depan, maupun belakang dari titik awal.
Siti dan Lani hingga di bengkel sepeda. Sambil menunggu pekerja bengkel menambal ban sepeda, Siti dan Lani bercerita. Saat Siti asyik bercerita, tibatiba Lani berteriak sambil menunjuk ke atas. “Ada belibis terbang, cantik, ya” kata Lani. Siti menjadi teringat bahwa ia pernah membaca dongeng fiksi Angsa dan Telur Mas. Berikut dongeng yang pernah dibaca Siti.
Ayo Membaca
Ikuti dongeng dalam bacaan yang dibaca oleh Siti berikut.
Angsa dan Telur Emas Aesop
Alkisah, ada seorang petani sederhana mempunyai seekor angsa. Angsa yang dimiliki petani bukan sekadar belibis biasa, melainkan belibis yang elok dan istimewa. Keistimewaannya yaitu belibis milik petani menghasilkan telur emas. Petani senang mempunyai belibis istimewa itu. membawa telur emas dari belibis miliknya ke pasar. Petani menjual telur emas dengan harga tinggi. Dalam waktu singkat petani bermetamorfosis kaya.
Kekayaan ternyata tidak menciptakan petani lebih bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, kekayaan menciptakan petani serakah. Petani menginginkan belibis sanggup menghasilkan telur emas lebih banyak lagi dalam waktu singkat. Petani tidak sabar dan ingin cepat menjadi orang kaya raya. Ketidaksabaran petani terhadap belibis miliknya muncul lantaran belibis hanya memperlihatkan sebuah telur setiap hari. Petani merasa ia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.
Setiap hari sepulang dari pasar, petani menghitung uangnya. Suatu hari, sesudah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani. Petani berpikir bahwa ia akan mendapat semua telur emas dalam diri belibis sekaligus dengan cara memotong angsa. Gagasan petani pun dilaksanakan. Betapa kaget dan sedihnya petani ketika tidak menemukan satu telur pun dalam perut angsa. Angsa istimewanya terlanjur mati dipotong. Hanya penyesalan yang sanggup petani rasakan dikala ini. Keinginan petani menjadi kaya raya semakin jauh dari angan-angannya.
Sumber: http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Angsa-dan-Telur-Emas-54
Dari dongeng di atas kita sanggup mengambil hikmah atau pembelajaran. Kita sebagai insan harus mensyukuri yang sudah dimiliki. Jangan serakah hanya lantaran ingin cepat kaya. Sesungguhnya Tuhan sudah mengatur rezeki manusia. “Barang siapa yang telah mempunyai sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang lebih lagi, akan kehilangan semua yang dimilikinya”.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 128, 129
Ayo BerlatihBerdasarkan bacaan dongeng “Angsa dan Telur Mas” di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apa inti dari teks dongeng tersebut?
2. Siapakah tokoh utama dalam dongeng tersebut?
3. Bagaimanakah perilaku yang dimiliki tokoh utama?
4. Bagaimanakah seharusnya perilaku tokoh utama atas nikmat yang sudah ia peroleh?
5. Apa yang akan kau lakukan kalau menjadi tokoh utama dalam dongeng tersebut?
Alternatif Jawaban :
1. Inti dari dongeng perihal seorang petani yang mempunyai belibis istimewa. Angsa tersebut sanggup bertelur emas. Petani ingin angsanya banyak bertelur supaya ia cepat kaya.
2. Tokoh utama dalam dongeng yaitu petani.
3. Sikap yang dimiliki petani yaitu tamak dan tidak pernah merasa cukup.
4. Seharusnya, tokoh utama bersyukur atas nikmat yang sudah ia peroleh.
5. Jika menjadi tokoh utama dalam dongeng tersebut, saya akan bersyukur terhadap rezeki yang telah saya peroleh.
Pada dasarnya, dongeng fiksi yaitu dongeng rekaan. Isi dongeng fiksi dibentuk menurut hasil olahan imajinasi atau daya pikir pengarangnya secara artistik dan intens. Cerita fiksi diwarnai oleh kultur, pengalaman batin, filosofi, religiositas, dan latar belakang pengarang lainnya. Selain itu, dongeng fiksi diolah menurut pandangan, tafsiran, kecerdikan, wawasan, dan evaluasi pengarang terhadap aneka macam peristiwa, baik insiden aktual maupun insiden hasil rekaan semata.
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 130, 131
Ayo BerdiskusiBanyak dongeng fiksi yang sanggup kau baca di perpustakaan sekolah atau di toko-toko buku. Buatlah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, setiap anak mencari lima judul dongeng fiksi, baik di perpustakaan sekolah, di toko-toko buku, maupun dari internet. Mintalah pendampingan abang atau orang renta pada dikala mengakses internet. Cerita yang diperoleh setiap siswa, hendaknya dibaca oleh 4 anak anggota kelompok. Setelah kelima anak membaca cerita
yang diperoleh, berdiskusilah mengenai inti cerita. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak tabel berikut.
Alternatif Jawaban :
1. Judul Cerita : Kancil dan Siput
Tokoh Cerita : Kancil Siput
Sifat tokoh : sombong, cerdik, cerdas, jujur
Inti Cerita : Intinya yaitu jangan pernah meremehkan kekurangan orang lain karna tidak ada makhluk hidup yang tidak mempunyai kekurangan. Dan jangan pernah menghina fisik orang lain, karna belum tentu pikiran dan otaknya juga lemah.
2. Judul Cerita :Malin Kundang
Tokoh Cerita : Malin Kundang,Ibu malin kundang, dan Istri malin kundang
Sifat tokoh : baik, sabar, penyayang, angkuh, pemarah
Inti Cerita : Malin kundang dikutuk jadi kerikil ketika durhaka kepada ibunya, kita dihentikan durhaka kepada orag tua, kita harus selalu menyayanginya
3. Judul Cerita : Keong Mas
Tokoh Cerita : Raja Kerta Marta, Raden Inu Kertapati, Candra Kirana, Galuh ajeng, Dewi Sekar, Penyihir, Nenek
Sifat Tokoh : bijaksana, baik, cerdas, suka menolong, baik hati, jahat, kejam, rajin
Inti Ceita : Kita dihentikan iri hati kepada siapapun apa lagi kepada saudara sendiri.
Galuh Ajeng dan Ibunya menyuruh penyihir untuk mengutuk Candra Kirana menjadi Keong Mas. Namun, dengan kegigihan Raden Inu, Kirana sanggup kembali ke Istana dan kutukan tersebut hilang. Rencana komitmen nikah mereka pun berlangsung meriah dan mereka hidup bahagia.
4. Judul Cerita : Roro Jonggrang
Tokoh Cerita : Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso, Raja Prambanan, Raja Pengging
Sifat Tokoh : sopan santun, tidak menepati janji, gagah, sakti, arogan, sombong, kejam, pendendam
Inti Cerita : Roro jonggrang mendapat kutukan menjadi patung dari bandung bondowoso lantaran roro jonggrang melanggar janjinya.
Bandung Bondowoso yg ingin menikahi roro jongrang tetapi roro jonggrang meminta syarat, syaratnya ia harus menciptakan 1000 candi untuknya, kemudian bondowoso pun menyetujuinya ia menciptakan 1000 candi dalam 1 malam dengan dukungan jin. kemudian roro jonggrang menciptakan rencana supaya jin itu menyangka bahwa pagi telah datang, alhasil jin-jin itu menghentikan menciptakan candinya sehingga candi tersebut menjadi 999 candi itu kurang satu kemudian bindowoso mengutuk roro jonggrang menjadi candi alhasil genap 1000 candi.
5. Judul Cerita : Lutung Kasarung
Tokoh Cerita : Prabu Tapak Agung, Purbasari, Purba Rarang, Lutung Kasarung, Patih
Sifat Tokoh: penyayang,mudah dihasut, pemaaf, penyabar, dan baik hati, jahat, kejam, iri, penyayang
Inti Cerita : Kita dihentikan jahat kepada sesama dan mengasihi seseorang dengan tulus, tidak hanya memandang fisiknya saja tetapi kita juga harus memandang hatinya.
Lutung Kasarung yang artinya Lutung yang Tersesat yaitu dongeng rakyat yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda perihal perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Bumi dalam wujud seekor lutung. Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang. Lutung Kasarung yaitu seekor mahkluk yang jelek rupa. Pada alhasil ia bermetamorfosis pangeran dan mengawini Purbasari, dan mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu bersama-sama.
Ban sepeda Siti selesai ditambal. Siti dan Lani lega. Karena hari sudah sore, Siti dan Lani pulang. Siti mengayuh sepeda dan Lani membonceng di belakang. Siti mengayuh sepeda dengan santai, tidak tergesa-gesa ataupun lambat sehingga laju sepeda Siti pun sedang.
Ayo Renungkan
Kamu telah mempelajari hubungan gaya dan gerak. Apakah gaya dan gerak benda penting bagi kehidupanmu? Coba, kau renungkan dan beri alasan atas hasil renunganmu. Tuliskan hasil renungan beserta alasannya dalam bentuk kolom ibarat berikut.
Alternatif Jawaban :
Gaya dan gerak benda penting bagi kehidupan saya, lantaran sesuatu yang tidak dikenai gaya tidak akan bergerak dan berpindah. Kehidupan kita semua butuh gaya dan gerak
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 132
Kerja Sama dengan Orang TuaGaya sangat kau butuhkan pada dikala kau akan memindahkan barangbarang berat dirumahmu, contohnya lemari, meja belajar, daerah tidur, dan barang-barang lain. Gaya yang sangat kau butuhkan pada dikala akan memindahkan barang-barang berat di rumah antara lain gerak otot menarik dan mendorong. Tuliskan tiga gaya yang sering kau gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dihasilkan dari gaya yang kau lakukan.
Bekerja samalah dengan anggota keluargamu untuk mengerjakan kiprah ini. Tuliskan hasilnya pada kotak berikut.
Alternatif Jawaban :
Gaya yang sering saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah
1. Gaya otot, yang dihasilkan dari gaya otot yaitu ketika kita melaksanakan acara berjalan dan berlari
3. Gaya gesek, yang dihasilkan dari gaya gesesek yaitu ketika kita mengerem sepeda
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 8 Halaman 126, 128, 129, 130, 131, 132 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.