Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 Halaman 30, 31, 33, 35, 36 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 4
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 30-36 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4
Pagi ini, Udin dan teman-teman bersemangat. Pakaian yang mereka kenakan berbeda dari biasanya. Pakaian mereka berwarna-warni.
Semua siswa kelas 3 diminta menggunakan pakaian daerah. Udin menggunakan baju dari kawasan Sunda. Edo menggunakan baju dari Papua. Dayu menggunakan pakaian etika Bali. Demikian pula dengan Beni, Siti, Lani, dan yang lainnya.
Mereka juga membawa kuliner khas daerah. Udin membawa combro dari Sunda. Edo membawa kuliner ringan cantik sagu dari Papua. Dayu menyiapkan sate lilit dari Bali. Beni membawa panada dari Manado. Siti membawa keripik singkong dari Padang. Tak ketinggalan, Lani membawa kuliner ringan cantik keranjang yang merupakan kuliner khas Tionghoa.
Pada hari itu, semua siswa tampil berbeda. Satu sama lain bertukar kisah wacana kawasan diIndonesia. Ternyata, setiap pakaian dan kuliner daerah, mempunyai ciri khas masing-masing.
Perbedaan bukanlah hal yang harus diperdebatkan. Walau setiap siswa berasal dari kawasan yang berbeda, namun satu sama lain tetap saling menghargai. Tidak ada yang merasa lebih baik ataupun lebih hebat.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 30
Ayo BerdiskusiAmati gambar pakaian khas kawasan Indonesia berikut! Dapatkah kau menyebutkan asal kawasan pakaian di bawah ini?
Indonesia terbagi menjadi beberapa daerah. Setiap kawasan mempunyai pakaian etika yang bermacam-macam atau berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, namun Indonesia tetap bersatu.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 31
Perhatikan pula teks bacaan di atas!- Apakah Udin dan teman-teman membawakan budaya dari kawasan yang sama? Udin dan teman-teman membawakan budaya kawasan yang berbeda-beda.
- Apakah kita perlu mengenal dan memahami daerah-daerah lain di Indonesia? Sangat perlu semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga.
Diskusikanlah dengan temanmu!
Ayo Mengamati
Amati gambar dan informasi berikut!
Pada perayaan kemerdekaan RI ke-72 yang bertempat di istana Merdeka, Presiden RI Joko Widodo beserta para tamu usul mengenakan pakaian etika dari banyak sekali kawasan di Indonesia. Walau menggunakan pakaian yang berbeda, setiap orang saling menghargai perbedaan tersebut. Dengan memahami perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 33
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks tersebut:- Apakah pakaian yang dikenakan oleh Bapak Presiden beserta para usul memperlihatkan keragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)? Pakaian yang dikenakan membuktikan keragaman pakaian etika yang ada di Indonesia.
- Apakah penting bagi kita untuk menghargai keragaman? Sangat penting alasannya yaitu menghargai perbedaan, kita telah menjaga persatuan dan keutuhan bangsa Indonesia.
Sampaikan informasi yang kau peroleh di depan kelas secara bergantian!
Ayo Membaca
Salah satu kuliner yang disukai Udin dan temanteman yaitu keripik singkong atau karupuak sanjai yang dibawa oleh Siti. Benipun ingin tahu lebih banyak wacana kuliner yang menggunakan materi dasar singkong.
Bacalah teks berikut !
Pengolahan Singkong
Di kawasan Sumatra Barat, singkong diolah menjadi banyak sekali macam makanan. Mulai dari lauk pauk sampai kuliner ringan. Gulai singkong, kuliner ringan cantik talam singkong, dan kacimuih merupakan kuliner yang biasa dibentuk untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibentuk di rumah. Daya tahannya paling usang yaitu dua hari.
Teknologi pangan mempunyai tugas penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memperlihatkan nilai lebih bagi materi kuliner hasil panen melalui banyak sekali cara. Tekniknya yaitu melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong sanggup dinikmati dalam jangka waktu lebih lama.
Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan materi pangan, singkong sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, dan karupuak singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, bisa menciptakan kuliner tersebut infinit sampai 3 bulan atau lebih.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 35
Amati gambar di bawah ini!Lingkari kuliner yang dihasilkan oleh teknologi pangan!
Teknologi pangan menciptakan kuliner infinit dan tahan lama
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 36
Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas- Paragraf 1 : Di kawasan Sumatera Barat, singkong diolah menjadi banyak sekali macam makanan.
- Paragraf 2 : Teknologi pangan mempunyai tugas penting dalam mengolah singkong
- Paragraf 3 : Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan materi pangan, singkong sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis makanan
Buatlah ringkasan dari isi teks “Pengolahan Singkong”! Ceritakan ringkasan yang telah kau buat di hadapan teman-temanmu!
Di kawasan Sumatera Barat, singkong diolah menjadi banyak sekali macam makanan. Teknologi pangan mempunyai tugas penting dalam mengolah singkong. Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan materi pangan, singkong sanggup diolah menjadi banyak sekali jenis makanan
Ayo Mengamati
Setelah mengetahui pengolahan kuliner berbahan dasar singkong, Udin mengajak Edo dan Beni berenang. Udin, Edo, dan Beni bahagia bermain di bak renang. Banyak acara yang sanggup dilakukan di sana. Sambil bersenang-senang, mereka selalu memperhatikan keselamatan diri dan sahabat di sekitar.
Udin, Edo, dan Beni mencoba gerakan mengambang tanpa pelampung. Edo membantu Beni berlatih mengambang. Edo bangkit di dalam kolam. Tangannya memegang tangan Beni. Beni mengambangkan tubuhnya sambil menggerakkan kaki. Mereka melaksanakan acara secara bergantian.
Ayo Berlatih
Beni mencoba berlatih mengambang sendiri di bak dangkal.
Gerak dasar mengambang sanggup dilakukan dengan mengikuti tahap-tahap berikut:
- Berdiri tegak di pinggir kolam.
- Peganglah tepi bak dengan dua jari dari setiap tangan.
- Rapatkan perut pada dinding kolam.
- Tarik napas dalam-dalam. Lepaskan pegangan.
- Masukkan kepala ke dalam air.
- Kepala muncul perlahan di permukaan air sambil hembuskan napas.
- Posisi tangan sejajar bahu.
- Lakukan gerakan berenang di tempat dengan posisi badan sejajar dengan air. Kedua kaki digerakkan bergantian.
- Lakukan berulang-ulang.
Demikianlah postingan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 30, 31, 33, 35, 36 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 4. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa pribadi Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.