Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 Halaman 115, 120, 121 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 3 Perubahan Energi Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PJOK, B.Indonesia, dan. PKN.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 115-121 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Ayo Membaca
Zaman dahulu angin sudah dipakai dalam kehidupan manusia. Angin dipakai untuk
menggerakkan bahtera layar. Angin juga dipakai untuk menggerakkan roda penggilingan padi. Gerak angin sanggup dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif yaitu energi pengganti materi bakar minyak. Gerak angin sanggup diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini dipakai sebagai pengganti materi bakar minyak.
Energi angin sanggup dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).
Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik memakai kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Cobalah mewawancarai sahabat atau orang remaja di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
1. Apakah mereka mengetahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB) ?
2. Darimana mereka mengetahui hal tersebut ?
3. Apa laba dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif ?
4. Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif ?
Tuliskan laporan hasil wawancara pada kawasan yang tersedia!
Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!
Alternatif Jawaban :
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu. Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber ibarat buku dan juga dari Internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu memang sangat mengunungkan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu mempunyai sumber energi yang jumlahnya besar dan terus menerus ada di alam. Namun sayangnya untuk menghasilkan energi alternatif dari Angin membutuhkan biaya yang sangat besar. Sampai dengan dikala ini masih belum banyak dipakai alasannya membutuhkan biaya yang besar.
Ayo Mencoba
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang gampang didapat dari alam. Angin juga sanggup dipakai untuk menerbangkan layang-layang.
Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang memakai tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga sanggup dipakai untuk permainan lainnya.
Mari mencoba bermain tali. Membentuk karakter memakai tali sambil menggerakkan badan.
Ikutilah gerakan berikut ini!
1. Siapkan dua pasang bambu seukuran pensil untuk masing-masing pemain.
2. Ikatkan tali pada ujung pensil. Ukuran tali lebih panjang dari pensil.
3. Gerakan pertama yaitu berlatih menggerakkan tali. Caranya yaitu menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.
4. Gerakan kedua meliukkan tubuh dari kiri ke kanan. Sambil meliukkan badan, tangan
menggerakkan bambu ke kiri dan ke kanan.
Lakukan acara kombinasi gerakan berikut!
Gerakan tubuh ibarat menirukan gerak daun tertiup angin.
5.Gerakan keempat berjalan sambil meliuk dan mengayun tali. Langkah pertama mulai dari kaki sebelah kiri. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan meliuk ke arah kiri. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kiri. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
6. Gerakan kelima kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Badan meliuk ke arah kanan. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kanan. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
Ayo Membaca
Menikmati energi yang tersedia yaitu hak manusia. Kewajiban insan yaitu menjaga
ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Anak-anak mempunyai hak untuk bermain. Kewajiban anak yaitu membagi waktu bermain dan berguru dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua sahabat biar sanggup ikut bermain, termasuk pola perilaku memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua sahabat mau bermain denganmu. Ini artinya kau sudah mendapat hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu dikala bermain!
Alternatif Jawaban :
1. Meminta ijin kepada orang bau tanah sebelum berangkat bermain bersama teman.
2. Bermain sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3. Bermain dengan hati-hati biar tidak terjadi kecelakaan atau hal-hal yang merugikan.
4. Membersihkan mainan atau merapikan mainan sehabis digunakan.
5. Mematuhi tata tertib dikala bermain dengan teman.
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melakukan
kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal sanggup berjalan dengan baik.
Demikianlah postinga artikel mengenai pembahasan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 115, 120, 121 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 3 Perubahan Energi Pembelajaran 2. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah motivasi berguru untuk mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 115-121 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan tanggapan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 115-121
Ayo Membaca
Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin dan kawan-kawan sedang berguru perihal angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka menentukan bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga sanggup angin yang cukup. Angin diharapkan untuk menerbangkan layanglayang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan menentukan bermain di sore hari. Karena angin pada siang hingga sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.Zaman dahulu angin sudah dipakai dalam kehidupan manusia. Angin dipakai untuk
menggerakkan bahtera layar. Angin juga dipakai untuk menggerakkan roda penggilingan padi. Gerak angin sanggup dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif yaitu energi pengganti materi bakar minyak. Gerak angin sanggup diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini dipakai sebagai pengganti materi bakar minyak.
Energi angin sanggup dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).
Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik memakai kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 115
Ayo BerlatihCobalah mewawancarai sahabat atau orang remaja di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
1. Apakah mereka mengetahui perihal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB) ?
2. Darimana mereka mengetahui hal tersebut ?
3. Apa laba dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif ?
4. Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif ?
Tuliskan laporan hasil wawancara pada kawasan yang tersedia!
Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!
Alternatif Jawaban :
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu. Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber ibarat buku dan juga dari Internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu memang sangat mengunungkan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu mempunyai sumber energi yang jumlahnya besar dan terus menerus ada di alam. Namun sayangnya untuk menghasilkan energi alternatif dari Angin membutuhkan biaya yang sangat besar. Sampai dengan dikala ini masih belum banyak dipakai alasannya membutuhkan biaya yang besar.
Ayo Mencoba
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang gampang didapat dari alam. Angin juga sanggup dipakai untuk menerbangkan layang-layang.
Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang memakai tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga sanggup dipakai untuk permainan lainnya.
Mari mencoba bermain tali. Membentuk karakter memakai tali sambil menggerakkan badan.
Ikutilah gerakan berikut ini!
1. Siapkan dua pasang bambu seukuran pensil untuk masing-masing pemain.
2. Ikatkan tali pada ujung pensil. Ukuran tali lebih panjang dari pensil.
3. Gerakan pertama yaitu berlatih menggerakkan tali. Caranya yaitu menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.
4. Gerakan kedua meliukkan tubuh dari kiri ke kanan. Sambil meliukkan badan, tangan
menggerakkan bambu ke kiri dan ke kanan.
Lakukan acara kombinasi gerakan berikut!
Gerakan tubuh ibarat menirukan gerak daun tertiup angin.
5.Gerakan keempat berjalan sambil meliuk dan mengayun tali. Langkah pertama mulai dari kaki sebelah kiri. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan meliuk ke arah kiri. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kiri. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
6. Gerakan kelima kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Badan meliuk ke arah kanan. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kanan. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
Ayo Membaca
Menikmati energi yang tersedia yaitu hak manusia. Kewajiban insan yaitu menjaga
ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Anak-anak mempunyai hak untuk bermain. Kewajiban anak yaitu membagi waktu bermain dan berguru dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua sahabat biar sanggup ikut bermain, termasuk pola perilaku memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 120, 121
Ayo BerlatihOrangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua sahabat mau bermain denganmu. Ini artinya kau sudah mendapat hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu dikala bermain!
Alternatif Jawaban :
1. Meminta ijin kepada orang bau tanah sebelum berangkat bermain bersama teman.
2. Bermain sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3. Bermain dengan hati-hati biar tidak terjadi kecelakaan atau hal-hal yang merugikan.
4. Membersihkan mainan atau merapikan mainan sehabis digunakan.
5. Mematuhi tata tertib dikala bermain dengan teman.
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melakukan
kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal sanggup berjalan dengan baik.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang bau tanah mengajak siswa mengamati acara sehari-hari yang memerlukan angin.
Demikianlah postinga artikel mengenai pembahasan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 115, 120, 121 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 3 Perubahan Energi Pembelajaran 2. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah motivasi berguru untuk mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.