Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran Matematika, B.Indonesia, dan SBDP.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 153-160 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Penghematan Energi
Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi
Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut sanggup kalian lakukan. Misalkan memakai air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Pembelajaran 1
Ayo Membaca
ke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan menciptakan teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan menciptakan udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara mempunyai kegunaan untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terperinci pada pagi dan siang hari. Sinar matahari sanggup masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya menciptakan lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Kalian telah membaca perihal di atas.
Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
Alternatif Jawaban :
1. Rumah Dayu mempunyai pepohonan yang sangat subur dan rimbun, jendela dan lubang anginnya banyak, dan terperinci pada pagi dan sore hari. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan sehingga menghemat energi listrik
2. Dengan menghemat penggunaan energilistrik kita akan mendapat banyak manfaat contohnya biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan, menghemat penggunaan materi bakar fosil, menjaga lingkungan alam biar tetap bersahabat, ikut berpartisipasi dalam mengasihi bumi ini dan masih banyak lagi.
3. Karena dengan menanam pohon maka suhu di sekitar kita menjadi lebih sejuk sehingga tidak perlu lagi memakai AC dan kipas angin
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu!
Apa yang sanggup dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?
Sampaikan alhasil di depan teman-teman!
Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu bahagia sekali bermain kincir angin buatannya.
Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang menciptakan kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan menciptakan kincir angin. Alat dan materi yang disiapkan ialah sebagai berikut.Siapkan :
• Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
• Lem
• Sedotan plastik tebal
• Gunting
• Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk bulat kecil
• Paku payung berwarna
• Penggaris
Langkah-langkah kegiatan:
Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai.Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang dipakai Beni lebih besar. Kertas yang dipakai Edo lebih kecil. Keduanya memakai kertas yang berbeda ukurannya.
Perhatikan ukuran kertas milik Beni dan Edo!
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Kaprikornus keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah berguru cara memilih keliling. Dapatkah kau memilih luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara memilih keliling dan luas dengan memakai alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita sanggup menghitung luas dengan memakai persegi satuan.
Alternatif Jawaban :
Demikianlah postingan artikel mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1. Semoga bermanfaat serta sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi 2018.
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 153-160 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 1 Halaman 153-160
Penghematan Energi
Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi
Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut sanggup kalian lakukan. Misalkan memakai air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya. Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Menghemat Penggunaan Listrik
Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak flora di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari sanggup masukke dalam rumah. Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan menciptakan teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan menciptakan udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara mempunyai kegunaan untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terperinci pada pagi dan siang hari. Sinar matahari sanggup masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya menciptakan lingkungan sehat. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 153, 154
Ayo BerlatihKalian telah membaca perihal di atas.
Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
1. Rumah Dayu mempunyai pepohonan yang sangat subur dan rimbun, jendela dan lubang anginnya banyak, dan terperinci pada pagi dan sore hari. Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan sehingga menghemat energi listrik
2. Dengan menghemat penggunaan energilistrik kita akan mendapat banyak manfaat contohnya biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan, menghemat penggunaan materi bakar fosil, menjaga lingkungan alam biar tetap bersahabat, ikut berpartisipasi dalam mengasihi bumi ini dan masih banyak lagi.
3. Karena dengan menanam pohon maka suhu di sekitar kita menjadi lebih sejuk sehingga tidak perlu lagi memakai AC dan kipas angin
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu!
Apa yang sanggup dilakukan untuk menghemat penggunaan listrik?
Sampaikan alhasil di depan teman-teman!
Sore hari angin bertiup lebih kencang. Dayu bahagia sekali bermain kincir angin buatannya.
Dayu bermain di depan jendela kamarnya. Angin kencang menciptakan kincir angin berputar lebih kencang. Mainan kincir angin tidak memerlukan listrik. Dayu menghemat penggunaan listrik.
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan menciptakan kincir angin. Alat dan materi yang disiapkan ialah sebagai berikut.Siapkan :
• Kertas lipat warna-warni (kertas origami)
• Lem
• Sedotan plastik tebal
• Gunting
• Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk bulat kecil
• Paku payung berwarna
• Penggaris
Langkah-langkah kegiatan:
Kincir angin buatan Beni dan Edo telah selesai.Kincir angin milik Beni lebih besar dari milik Edo. Kertas yang dipakai Beni lebih besar. Kertas yang dipakai Edo lebih kecil. Keduanya memakai kertas yang berbeda ukurannya.
Perhatikan ukuran kertas milik Beni dan Edo!
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Kaprikornus keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah berguru cara memilih keliling. Dapatkah kau memilih luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara memilih keliling dan luas dengan memakai alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita sanggup menghitung luas dengan memakai persegi satuan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 159, 160
Alternatif Jawaban :
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang bau tanah mengajak siswa berlatih menghemat energi listrik di rumah. Misalnya mematikan lampu bila tidak digunakan. Caranya dengan melekat stiker ekonomis listrik pada saklar di rumah.
Demikianlah postingan artikel mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 6 Halaman 153, 154, 159, 160 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 4 Penghematan Energi Pembelajaran 1. Semoga bermanfaat serta sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda sanggup pribadi Contact atau sanggup dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.