Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 Halaman 14, 18, 19 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 2
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-19 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi daerah pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip mempunyai bak ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng biar lebih awet. Pak Sarip menciptakan ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca
Bacalah teks perihal “Bandeng Presto” berikut.
Bandeng Presto
Bandeng presto ialah ikan bandeng yang dimasak dengan memakai panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan menciptakan daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.
Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang sanggup di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.
Setelah matang, bandeng presto sanggup dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan memilih daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, bila dibungkus dengan memakai plastik tahan udara, ikan akan bertahan sampai 3 bulan.
Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Informasi 1 : Bandeng presto dimasak memakai panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan menciptakan daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto memilih daya tahan ikan.
Ayo Mencoba
Selain bak ikan, Pak Sarip juga mempunyai bak renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke bak renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di bak renang.
Di bak renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang berguru meluncur. Ada pula yang telah jago berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.
Lani telah jago berenang. Dayu ingin berguru berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke bak dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai dikala berenang ialah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam acara berenang.
Gerak Dasar Mengambang
Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, menyerupai pelampung, untuk menjaga keselamatan diri dikala berguru mengambang dalam air. Pelampung ialah alat bantu untuk menjaga badan tetap mengambang dikala berenang.
Cobalah untuk mengambang di bak dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi badan berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti mempunyai kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah jago berenang. Dayu ingin berguru berenang. Siti lebih bahagia bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita sanggup menemukan bermacam-macam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.
Lani, Dayu, dan Siti juga mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda.
Ayo Mencoba
Dengarkan dongeng gurumu perihal bermacam-macam kebiasaan. Dapatkah kau menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari dongeng tersebut?
Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo tiba membawa ragam makanan. Amati masakan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan masakan hasil pengolahan teknologi pangan.
Ayo Berdiskusi
Setelah melaksanakan wawancara pada sahabat dan gurumu, tuliskan kesudahannya pada tabel di bawah ini!
Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Diskusikan bersama temanmu, lalu lingkari balasan yang paling sempurna di bawah ini! Jenis masakan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata ↠ sama / berbeda
Ini berarti, Setiap orang mempunyai kebiasaan yang ↠ berbeda /sama.
Setiap orang mempunyai masakan kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu mempunyai kesukaan yang berbeda darimu, apa yang akan kau lakukan?
Sikap memahami dan mendapatkan perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber berguru dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-19 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan balasan yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku perihal pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi daerah pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip mempunyai bak ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng biar lebih awet. Pak Sarip menciptakan ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca
Bacalah teks perihal “Bandeng Presto” berikut.
Bandeng Presto
Bandeng presto ialah ikan bandeng yang dimasak dengan memakai panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan menciptakan daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.
Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu lalu dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang sanggup di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.
Setelah matang, bandeng presto sanggup dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan memilih daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, bila dibungkus dengan memakai plastik tahan udara, ikan akan bertahan sampai 3 bulan.
Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14
Ayo BerlatihLengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Informasi 1 : Bandeng presto dimasak memakai panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan menciptakan daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto memilih daya tahan ikan.
Ayo Mencoba
Selain bak ikan, Pak Sarip juga mempunyai bak renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke bak renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di bak renang.
Di bak renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang berguru meluncur. Ada pula yang telah jago berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.
Lani telah jago berenang. Dayu ingin berguru berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke bak dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai dikala berenang ialah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam acara berenang.
Gerak Dasar Mengambang
Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, menyerupai pelampung, untuk menjaga keselamatan diri dikala berguru mengambang dalam air. Pelampung ialah alat bantu untuk menjaga badan tetap mengambang dikala berenang.
Cobalah untuk mengambang di bak dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi badan berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti mempunyai kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah jago berenang. Dayu ingin berguru berenang. Siti lebih bahagia bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita sanggup menemukan bermacam-macam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.
Lani, Dayu, dan Siti juga mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda.
Ayo Mencoba
Dengarkan dongeng gurumu perihal bermacam-macam kebiasaan. Dapatkah kau menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari dongeng tersebut?
Lani, Dayu, dan Siti juga mempunyai cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Kebiasaan yang berbeda merupakan bab dari keberagaman.
Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo tiba membawa ragam makanan. Amati masakan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan masakan hasil pengolahan teknologi pangan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 18
Tulislah daftar masakan hasil teknologi pangan menurut gambar di atas!No | Jenis Makanan |
---|---|
1 | Ayam Goreng |
2 | Sosis |
3 | Manisan Buah-buahan |
4 | Daging Kornet |
5 | Roti Tawar |
6 | Susu Instant |
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 19
Makanan apa yang paling kau sukai? Sekarang, tanyakanlah masakan kesukaan sahabat atau gurumu. Wawancarai 3 orang sahabat dan 2 orang guru untuk mengetahui masakan kesukaan mereka.Ayo Berdiskusi
Setelah melaksanakan wawancara pada sahabat dan gurumu, tuliskan kesudahannya pada tabel di bawah ini!
No | Nama | Jenis Makanan yang Disukai |
---|---|---|
1 | Udin | Mie Instant |
2 | Edo | Bakso |
3 | Lani | Es Buah |
4 | Bu Ria Daniati | Manisan Buah-buahan |
5 | Pak Iksan Heriyanto | Ayam Goreng |
Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Diskusikan bersama temanmu, lalu lingkari balasan yang paling sempurna di bawah ini! Jenis masakan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata ↠ sama / berbeda
Ini berarti, Setiap orang mempunyai kebiasaan yang ↠ berbeda /sama.
Setiap orang mempunyai masakan kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu mempunyai kesukaan yang berbeda darimu, apa yang akan kau lakukan?
Sikap memahami dan mendapatkan perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.
Demikianlah postingan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 2. Semoga sanggup menambah motivasi berguru dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.