Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 5
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 41-50 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.
Udin diberi teks bacaan wacana susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.
Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar mempunyai daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu sanggup dinikmati kapan saja.
Pengolahan susu sapi sanggup dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga biar makanan tetap awet.
Susu sapi sanggup diolah menjadi aneka macam jenis makanan baru. Contohnya yaitu yoghurt, keju, permen, mentega, sampai es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.
Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting sehabis balasannya yaitu cara mengemasnya. Pengemasan produk sanggup menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi? Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang. Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!
Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut memakai kamus! Kamu bisa minta pemberian pada orang renta atau gurumu.
Buat kalimat gres memakai kata-kata di atas!
Ayo Mengamati
Simaklah kisah gurumu wacana keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!
Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan teman-teman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual aneka macam hasil olahan susu.
Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak permintaan Beni.
“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau saya lebih menentukan minum yoghurt, Beni,” kata Udin.
Setiap orang mempunyai pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak murka walaupun ajakannya ditolak.
Dapatkah kau jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Ayo Bermain Peran
Setiap individu mempunyai kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Diskusikan sebuah kisah wacana sahabat satu kelompok yang mempunyai sifat bermacam-macam!
Bagaimana perilaku yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.
Perankan kisah yang telah kau buat bersama teman-teman sekelompokmu!
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat empati dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita sanggup menghargai perasaan orang lain
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam aneka macam kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A yaitu sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang mempunyai volume lebih banyak!
Mengurutkan Volume Benda Cair
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit sampai kotak yang bervolume paling banyak!
Urutan volume : 3, 2 , dan 1
Urutkan mulai dari gelas yang mempunyai volume paling banyak sampai volume yang paling sedikit!
Urutan gelas dari volume paling banyak sampai paling sedikit yaitu : 3, 5, 2, 4, dan 1
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Buku Siswa yang dipakai sebagai sumber mencar ilmu dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 41-50 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang sempurna berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5
Tidak jauh dari daerah tinggal Udin, terdapat sebuah peternakan sapi perah. Pemiliknya mengizinkan Udin dan teman-teman untuk berkunjung. Tentu saja, Udin dan teman-teman merasa senang.Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.
Udin diberi teks bacaan wacana susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.
Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar mempunyai daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu sanggup dinikmati kapan saja.
Pengolahan susu sapi sanggup dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga biar makanan tetap awet.
Susu sapi sanggup diolah menjadi aneka macam jenis makanan baru. Contohnya yaitu yoghurt, keju, permen, mentega, sampai es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.
Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting sehabis balasannya yaitu cara mengemasnya. Pengemasan produk sanggup menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41
Ayo BerdiskusiApakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi? Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang. Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!
Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
- Gizi dalam susu sanggup dinikmati kapan saja.
- Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
- Mengolah susu menjadi produk gres ibarat yoghut, keju, mentega, dan es krim.
- Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 42, 43
Ayo BerlatihAmati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut memakai kamus! Kamu bisa minta pemberian pada orang renta atau gurumu.
No | Kata | Arti |
---|---|---|
1 | Daya tahan | Kemampuan bertahan terhadap segala dampak dari luar yang sanggup merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya) |
2 | Teknologi | Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; |
3 | Pengemasan | Proses, cara, perbuatan mengemasi: |
4 | Kedap Udara | Tidak gampang atau tidak sanggup dimasuki atau ditembus oleh udara |
Buat kalimat gres memakai kata-kata di atas!
- Daya tahan : Susu sapi sanggup meningkatkan daya tahan tubuh.
- Teknologi : Susu sapi diolah menjadi yoghurt memakai teknologi fermentasi.
- Pengemasan : Pengemasan produk susu menciptakan susu menjadi lebih awet
- Kedap udara : Kemasan kedap udara mengakibatkan makanan lebih awet.
Ayo Mengamati
Simaklah kisah gurumu wacana keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!
Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan teman-teman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual aneka macam hasil olahan susu.
Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak permintaan Beni.
“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau saya lebih menentukan minum yoghurt, Beni,” kata Udin.
Setiap orang mempunyai pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak murka walaupun ajakannya ditolak.
Dapatkah kau jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Ayo Bermain Peran
Setiap individu mempunyai kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Diskusikan sebuah kisah wacana sahabat satu kelompok yang mempunyai sifat bermacam-macam!
Bagaimana perilaku yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.
Perankan kisah yang telah kau buat bersama teman-teman sekelompokmu!
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat empati dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita sanggup menghargai perasaan orang lain
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 45
Ayo MengamatiVolume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam aneka macam kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A yaitu sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 47
Ayo MencobaBuatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
- Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
- Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
- Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
- Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air ibarat pada gambar di bawah ini. pola :
- Botol minum milik Dayu mempunyai volume paling banyak.
- Botol minum milik Edo mempunyai volume paling sedikit.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 49, 50
Ayo BerlatihMembandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang mempunyai volume lebih banyak!
Mengurutkan Volume Benda Cair
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit sampai kotak yang bervolume paling banyak!
Urutan volume : 3, 2 , dan 1
Urutkan mulai dari gelas yang mempunyai volume paling banyak sampai volume yang paling sedikit!
Urutan gelas dari volume paling banyak sampai paling sedikit yaitu : 3, 5, 2, 4, dan 1
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Demikianlah postingan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 5. Semoga sanggup menambah motivasi mencar ilmu dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa eksklusif Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.