Wednesday, 25 March 2020

Kunci Balasan Semut Dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7

Kunci Jawaban Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Paket Tematik Siswa Tema 7 Kelas 6 Kepemimpinan dengan subtema 3 Ayo, Memimpin Pembelajaran 1  yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai  Semut dan Belalang, Sejahtera Bersama Koperasi.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7

Kunci Jawaban Kelas 6 SD/MI Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1

Ayo Membaca
Apabila kau ingin menjadi seorang pemimpin, kau harus tahu siapa dirimu,apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal ini akan bermanfaat semoga kau tahu kemampuan apa yang harus kau kembangkan. Kamu bisa berguru wacana kebutuhan dasar seorang pemimpin dari dongeng di bawah ini. Bacalah dalam hati teks berikut ini.

Semut dan Belalang
Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang.Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir kuliner di atas badannya.

Tidak lebih dari satu bulir sanggup dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.Sementara di antara hijau rumput di pinggir kolam, seekor belalang duduk santai menikmati semilir angin. Terheran-heran ia menyaksikan barisan semut bolak-balik melintas di hadapannya.

“Hai Semut-Semut! Apa sih yang kalian lakukan? Sibuk sekali semenjak pagi? Tidakkah mondar-mandir di tengah terik matahari menciptakan kalian lelah dan berkeringat?” seru Belalang kepada barisan semut.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7

“Kami bekerja keras mengumpulkan persediaan kuliner untuk ekspresi dominan hambar nanti. Barisan kami memang panjang, tetapi daya angkut kami tidak banyak. Oleh alasannya itu, kami harus mondar-mandir” ujar Komandan Semut menjawab Belalang.

“Haaah? Mengumpulkan kuliner untuk ekspresi dominan dingin? Repot sekali!Musim dinginkan masih lama? Sekarang nikmati saja teriknya matahari dan kuliner yang berlimpah. Untuk apa sibuk dari sekarang?” ujar Belalang sambil terkekeh menertawakan Semut-Semut.

“Hai Belalang! Harusnya kau melaksanakan hal yang sama. Serangga ibarat kita harus berkemas-kemas menghadapi ekspresi dominan dingin. Nanti, semua tanaman dan sumber kuliner lain akan beku tertutup salju. Hembusan angin hambar juga akan menciptakan kita yang bertubuh kecil sulit keluar sarang untuk mencari makan” balas Komandan Semut.

“Benar Belalang! Harusnya kau mengumpulkan teman-temanmu untuk bekerja sama mengisi sarang dengan persediaan makanan. Justru alasannya ekspresi dominan panas masih panjang, kita masih punya banyak waktu untuk mencicil pekerjaan,” Semut kecil menambahkan dari barisan belakang.

“Ah, semua temanku juga sedang bersantai. Terserah kalian sajalah jika ingin merepotkan diri!” tukasnya.

Begitulah adanya. Sepanjang ekspresi dominan panas barisan Semut sibuk bekerja,sementara Belalang santai bermalas-malasan. Hingga datang saatnya ekspresi dominan dingin. Semut-semut nyaman bercengkerama di sarangnya yang berlimpah makanan. Bagaimana dengan Belalang? Ia meringkuk kedinginan dan kelaparan di balik dinginnya batu. Jika demikian, mana yang patut dijadikan teladan? Semut atau Belalang?

Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 105)


Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang dilakukan sekelompok Semut? Mengapa mereka harus melakukannya?

Kelompok Semut tersebut sedang bekerja mengumpulkan materi kuliner untuk bekal persediaan. Para semut melaksanakan hal tersebut alasannya pada ekspresi dominan hambar sulit untuk mencari makanan, jadi mereka mencari kuliner ketika kuliner berlimpah.

2. Bagaimana menurutmu perilaku Belalang?

Sikap Belalang itu pemalas, meremehkan segala sesuatu, dan tidak menghormati para semut. Sifat belalang tidak patut ditiru, alasannya akan merugikan diri sendiri dan yang lain.

3. Bagaimana cara Semut bekerja?

Semut bekerja secara gotong royong atau kerjasama dan bergotong royong dalam membawa bulir-bulir kuliner untuk dibawa ke sarang mereka dengan cara berjalan bolak-balik dari kawasan kuliner menuju sarang . Selalu ada persatuan dalam pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih gampang dan cepat dilaksanakan.

4. Nilai-nilai baik apa yang bisa kau teladani dari dongeng di atas?

Nilai Kerja keras pantang menyerah, Nilai persatuan dan kesatuan, Nilai kebersamaan/gotong royong dan kepemimpinan.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7


Apa yang bisa kau pelajari dari dongeng tersebut?

  • Bekerja keras pantang mengalah akan membuahkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan
  • Dengan saling menasihati satu dengan yang lain, maka keberhasilan suatu tujuan akan lebih gampang tercapai dan akan timbul rasa kekeluargaan dan kebersamaan
  • Pekerjaan akan lebih gampang dan cepat dilakukan dengan cara gotong royong/kerjasama
  • Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bersama akan lebih gampang tercapai
  • Dengan kepemimpinan yang baik, maka suatu perkumpulan/organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya akan lebih baik dan mudah, serta lebih gampang dalam mencapai tujuan bersama

Ayo Mengamati
Seorang pemimpin harus tahu kelebihan dan kekurangan dirinya. Semut mencontohkan kondisi dirinya yang tidak bisa bekerja di ekspresi dominan dingin. Untuk mengatasinya,semut bekerja di ekspresi dominan panas semoga mereka tidak kelaparan di ekspresi dominan dingin. Semut tahu kelebihan dan kekurangannya. Ia tidak sombong.

Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 106)

Nilai-nilai itulah yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7


Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 107)


Ayo Berdiskusi
Menyadari kekurangannya, Semut hidup dengan bergotong royong. Mereka sadar bahwa mustahil sanggup mengumpulkan kuliner tanpa bekerja sama.

Catatlah beberapa kegiatan yang membutuhkan gotong royong di sekolahmu.Bandingkan karenanya dengan sahabat sebelahmu.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7

Ayo Membaca
Tahukah kalian wacana koperasi? Bagaimana orang-orang di dalamnya bekerja? Apa keuntungannya bagi anggota?

Ayo, baca teks berikut dalam hati dan pahami maknanya!

Sejahtera Bersama Koperasi
Secara sukarela, sebagian besar guru dan karyawan di SD Palapa menjadi anggota koperasi karyawan. Koperasi ini didirikan semenjak lima tahun yang lalu. Terasa benar oleh mereka manfaat menjadi anggota koperasi ini.Sebagian guru dan karyawan yang mempunyai perjuangan kecil, sanggup bekerja sama dengan unit perjuangan koperasi untuk membuatkan perjuangan mereka.Sebagian lagi mencicipi manfaat dari unit simpan pinjam.

Pada simpulan tahun diadakan rapat anggota koperasi. Seluruh guru dan pegawai SD Palapa hadir. Pada rapat ini, Pak Badru selaku Ketua Koperasi periode 2012 hingga 2014 akan memaparkan pencapaian selama setahun,sekaligus membuka penerimaan anggota baru.

yang materi dan kunci balasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7

“Bapak dan Ibu Guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati.Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan keper cayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita.”
“Sudah beberapa tahun kita ber sama-sama mencicipi manfaat organisasi kecil kita ini.”

“Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya perjuangan bersama ini.”

“Bapak dan Ibu, kekeluargaan dan kebersamaan merupakan modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya perjuangan koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya kiprah ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara sanggup bangun diatas kaki sendiri kita memutuskan jenis perjuangan koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan,anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan eksklusif tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita menetapkan bersama secara musyawarah.Begitu pun dengan laba koperasi di tahun ini. Apakah akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan Ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan,bahwa banyak hal yang sanggup dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua mencicipi bahwa kesejahteraan bersama sanggup diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”

“Bapak dan Ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah.Semoga saja, suatu ketika nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan laba pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Suasana tenang sejenak, sebelum gemuruh tepuk tangan menyambut pidato Pak Badru. Di dalam hati, semua mengangguk setuju. Kesejahteraan bersama merupakan tanggung jawab semua.

Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 109)


Baca sekali lagi isi pidato Pak Badru. Tuliskan pesan-pesan yang kau temukan!

  • Kewajiban setiap anggota untuk menjalankan koperasi demi kesuksesan koperasi, dan bukan tergantung pada ketua atau pengurus koperasi
  • Koperasi dipakai untuk memenuhi kebutuhan anggotanya, sehingga setiap anggota koperasi akan berkembang rasa kepeduliannya
  • Keputusan dalam koperasi merupakan hasil musyawarah seluruh anggotanya
  • Koperasi didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama para anggota
  • Anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam menikmati laba koperasi
  • Kebersamaan dan Kekeluargaan merupakan modal paling penting dalam koperasi

Isi teks sebelumnya yaitu wacana koperasi dan kepemimpinan Pak Badru. Pak Badru mengedepankan musyawarah dan gotong royong serta kepentingan anggotanya.

Ayo Mencoba
Pidato Pak Badru di dalam teks sungguh menggugah. Bisakah kau menciptakan teks pidato ibarat itu?

Kamu bisa merancang teks terlebih dahulu sebelum dijadikan sebagai teks pidato. Dengan topik ‘Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama’, buatlah rancangan teks pidato untuk disampaikan di depan sahabat kelasmu.Rancangan berisi wacana pentingnya bemusyawarah.

Jawaban Tema 7 Kelas 6 (Halaman 111)


Buatlah rancangan teks pidatomu dalam kotak berikut.

Rancangan Teks Pidato

Topik : "Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam pembuka
Berisi Kalimat Sapaan

Pendahuluan
Memaparkan wacana musyawarah mufakat

Inti
Berisi wacana bahasan topik Bermusyawarah secara lengkap, manfaat yang diperoleh, tujuan dan imbas dari musyawarah

Penutup
Penyampaian rangkuman/intisari dari Musyawarah untuk kepentingan bersama

Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup

Demikianlah postingan mengenai pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Semut dan Belalang Halaman 105, 106, 107, 109, 111 Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 , semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

SHARE THIS