Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Pembelajaran 1 Halaman 92, 93, 95, 96, 98, 100, 101 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA.
Bacalah dalam hati teks berikut!
Salah satu perilaku yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya?
Salah satu perwujudannya kita dihentikan menghina sobat yang berbeda agama. Selanjutnya, ketika sobat kita sedang beribadah kita dihentikan mengganggu mereka.
Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari aneka macam kawasan di Indonesia. Negara kita kaya akan aneka macam kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan kawasan sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan kawasan lain.
Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana perilaku kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan mengasihi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.
(Sumber: http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Serba-Serbi/Supaya-Tetap-Rukun-Hindari-Sikap-Ini-Yuk diunduh 24 September 2016)
Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.
1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan kemudian carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel menyerupai berikut.
Alternatif Jawaban :
Republik, artinnya sebuah bentuk negara dengan presiden sebagai kepala negara
Toleranasi, artinya perilaku saling menghormati orang lain yang berbeda dengan kita
2. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun,
Mari Lakukan Sikap Ini”.
Alternatif Jawaban:
Pokok pikiran paragraf 1:
Negara Republik Indonesia mempunyai keragaman adat, budaya, dan agama.
Pokok pikiran paragraf 2 :
Sikap tolernasi dan saling menghormati umat beragama perlu kita lakukan
Pokok pikiran paragraf 3 :
Menghargai kebudayaan dari aneka macam kawasan di Indonesia
Pokok pikiran paragraf 4 :
Kita harus saling menghargai, menghormati, dan mengasihi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya.
3. Mengapa kita harus melakukan undangan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”?
Alternatif Jawaban :
Untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI
Ayo Bercerita
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?
“Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kau mendengar atau membaca kalimat menyerupai itu?
Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut yakni bahwa keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Mungkin kau bertanya-tanya, apa hubungannya “magnet” dengan “daya tarik”. Nah, terlebih dahulu lakukan acara berikut.
Ayo Mencoba
Lakukan acara ini di dalam kelas.
1. Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).
2. Sediakan benda-benda kecil, menyerupai jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
3. Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
5. Ingat, berhati-hatilah ketika bekerja dengan jarum pentul dan peniti.
Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti tidak terbuka. Setelah akibat digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum pentul dan peniti ke tempatnya.
Berdasarkan acara di depan, diskusikan balasan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang terjadi ketika magnet didekatkan pada benda-benda kecil yang kau sediakan?
Alternatif Jawaban :
Magnet akan menarik benda-benda kecil yang mengandung besi menyerupai jarum pentul dan peniti akan melekat pada magnet
2. Benda apa yang sanggup ditarik oleh magnet?
Alternatif Jawaban :
Benda yang sanggup ditarik magnet yakni jarum pentul dan peniti
3. Benda apa saja yang tidak sanggup ditarik oleh magnet?
Alternatif Jawaban :
Benda yang tidak sanggup ditarik magnet yakni pensil, batu dan daun
Magnet mempunyai kemampuan menarik benda-benda yang terbuat dari logam.
Ayo Mencoba
Lakukan acara ini bersama sobat sebangkumu.
1. Sediakan dua buah magnet batang, contohnya magnet I dan magnet II.
2. Tandai ujung dari setiap batang magnet, contohnya A dan B.
3. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tolak menolak
4. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tarik menarik
Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1
Ayo MembacaBacalah dalam hati teks berikut!
Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini
Negara Republik Indonesia mempunyai keragaman adat, budaya, dan agama. Adat dan budaya setiap kawasan unik dan berbeda dari kawasan lain. Agama yang dianut penduduk pun beragam. Dengan perbedaan itu, bagaimana kita sanggup menjaga kesatuan bangsa? Nah, untuk menjaga kesatuan bangsa dan supaya tetap rukun, mari kita lakukan sikap-sikap berikutSalah satu perilaku yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah. Bagaimana perwujudannya?
Salah satu perwujudannya kita dihentikan menghina sobat yang berbeda agama. Selanjutnya, ketika sobat kita sedang beribadah kita dihentikan mengganggu mereka.
Sikap lain yang harus dilakukan yaitu menghargai kebudayaan dari aneka macam kawasan di Indonesia. Negara kita kaya akan aneka macam kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan kawasan sendiri. Namun, kita juga harus menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan kawasan lain.
Jadi, untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI, bagaimana perilaku kita? Kita harus saling menghargai, menghormati, dan mengasihi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya. Sikap itulah yang harus selalu kita tanamkan pada diri kita.
(Sumber: http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Serba-Serbi/Supaya-Tetap-Rukun-Hindari-Sikap-Ini-Yuk diunduh 24 September 2016)
Jawaban Tema 7 Kelas 4 (Halaman 92, 93)
Ayo BerdiskusiBentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.
1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan kemudian carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel menyerupai berikut.
Republik, artinnya sebuah bentuk negara dengan presiden sebagai kepala negara
Toleranasi, artinya perilaku saling menghormati orang lain yang berbeda dengan kita
2. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap Rukun,
Mari Lakukan Sikap Ini”.
Alternatif Jawaban:
Pokok pikiran paragraf 1:
Negara Republik Indonesia mempunyai keragaman adat, budaya, dan agama.
Pokok pikiran paragraf 2 :
Sikap tolernasi dan saling menghormati umat beragama perlu kita lakukan
Pokok pikiran paragraf 3 :
Menghargai kebudayaan dari aneka macam kawasan di Indonesia
Pokok pikiran paragraf 4 :
Kita harus saling menghargai, menghormati, dan mengasihi orang lain meskipun berbeda agama, suku, dan budaya.
3. Mengapa kita harus melakukan undangan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”?
Alternatif Jawaban :
Untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI
Ayo Bercerita
Ceritakan hasil diskusi kelompokmu. Bandingkan dengan hasil diskusi kelompok lain. Apakah ada perbedaan?
“Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi magnet bagi para wisatawan.” Pernahkah kau mendengar atau membaca kalimat menyerupai itu?
Apa maksudnya? Maksud dari kalimat tersebut yakni bahwa keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Mungkin kau bertanya-tanya, apa hubungannya “magnet” dengan “daya tarik”. Nah, terlebih dahulu lakukan acara berikut.
Ayo Mencoba
Lakukan acara ini di dalam kelas.
1. Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada pintu lemari pendingin).
2. Sediakan benda-benda kecil, menyerupai jarum pentul, peniti, pensil, kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
3. Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
4. Catatlah hasil pengamatan kalian.
5. Ingat, berhati-hatilah ketika bekerja dengan jarum pentul dan peniti.
Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti tidak terbuka. Setelah akibat digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum pentul dan peniti ke tempatnya.
Jawaban Tema 7 Kelas 4 (Halaman 95)
Ayo BerdiskusiBerdasarkan acara di depan, diskusikan balasan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang terjadi ketika magnet didekatkan pada benda-benda kecil yang kau sediakan?
Alternatif Jawaban :
Magnet akan menarik benda-benda kecil yang mengandung besi menyerupai jarum pentul dan peniti akan melekat pada magnet
2. Benda apa yang sanggup ditarik oleh magnet?
Alternatif Jawaban :
Benda yang sanggup ditarik magnet yakni jarum pentul dan peniti
3. Benda apa saja yang tidak sanggup ditarik oleh magnet?
Alternatif Jawaban :
Benda yang tidak sanggup ditarik magnet yakni pensil, batu dan daun
Magnet mempunyai kemampuan menarik benda-benda yang terbuat dari logam.
Ayo Mencoba
Lakukan acara ini bersama sobat sebangkumu.
1. Sediakan dua buah magnet batang, contohnya magnet I dan magnet II.
2. Tandai ujung dari setiap batang magnet, contohnya A dan B.
3. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tolak menolak
4. Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tarik menarik
5. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tarik menarik
6. Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi?
Alternatif Jawaban :
Kedua magnet akan tolak menolak
Jawaban Tema 7 Kelas 4 (Halaman 96)
Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel menyerupai berikut, kemudian jelaskan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.Alternatif Jawaban :

Sebuah magnet mempunyai dua ujung berlawanan. Ujung magnet biasa disebut kutub. Dua kutub magnet yang berlawanan itu disebut kutub utara(U) dan kutub selatan(S).
Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang sama, kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya, jikalau dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berbeda, kedua magnet tersebut akan tarik menarik.

Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan menimbulkan gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Jadi, gaya magnet yakni gaya yang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi.
Ayo, lakukan acara berikut.
1. Siapkan sebuah uang logam.
2. Keluarlah dari dalam kelas menuju halaman sekolah atau lapangan yang lebih luas.
3. Pegang uang logam yang telah kau persiapkan kemudian lemparkan kuatkuat ke atas. Perhatikanarah lemparan biar tidak mengenai sobat atau bangunan yang akrab dengan kamu.
4. Apa yang terjadi sesudah kau melempar uang logam itu? Catatlah hasil dari kegiatanmu.
5. Ulangi sebanyak lima kali.
Jawaban Tema 7 Kelas 4 (Halaman 98)

Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu hasil dari kegiatanmu melempar uang logam atas.
1. Apa yang terjadi sesudah uang logam dilempar ke atas?
Alternatif Jawaban:
Uang logam akan jatuh kembali ke bawah/ kebumi
2. Mengapa hal itu bisa terjadi?
Alternatif Jawaban :
Karena adanya gaya gravitasi bumi
3. Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas?
Alternatif Jawaban :
Seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan kapas dilempar ke atas maka benda-benda tersebut akan jatuh kembali kebumi. Tetapi kecepatan jatuhnya benda-benda tersebut tergantung dari berat benda.
4. Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.
Uang logam yang dilempar kuat-kuat ke atas akan kembali ke bumi. Bayangkan jikalau uang itu tidak kembali lagi ke bumi dan terus terbang jauh ke angkasa. Kamu akan kehilangan uang logam itu.
Mengapa uang logam itu jatuh kembali lagi ke bumi? Uang logam dan benda apa pun yang kau lemparkan ke atas akan kembali lagi ke bumi lantaran adanya gaya gravitasi. Gaya gravitasi yakni gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menimbulkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi.
Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang kau lemparkan ke atas sanggup dengan gampang hilang lantaran melayang di angkasa. Bahkan, diri kau sendiri sanggup terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh lantaran itu, gaya gravitasi sangat bermanfaat lantaran sanggup menahan benda-benda biar tetap berada di bumi.
Contoh peristiwa sehari-hari yang memperlihatkan gaya gravitasi adalah jatuhnya buah yang sudah matang dari dahan pohon ke tanah.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 100,101
Ayo RenungkanApa yang kau pelajari pada hari ini?
Alternatif Jawaban:
- Membaca teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
- Menentukan kata sulit dan artinya pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
- Meuliskan pokok pikiran pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini ”
- Menentukan kutub utara dan kutub selatan pada magnet
- Mempelajari gaya gravitasi bumi
Apa manfaat dari gaya magnet?
Alternatif Jawaban:
- Manfaat magnet pada kompas sebagai penunjuk arah
- Manfaat magnet pada dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listrik
- Alat untuk mengangkut benda-benda dari besi.
Apa manfaat dari gaya gravitasi?
Alternatif Jawaban:
- Membuat segala benda yang ada di bumi berada pada tempatnya
- Membuat bulan dan satelit bulan tetap pada orbitnya
- Sebagai sarana olah raga, menyerupai loncat indah, terjun payung dan para layang
- Mempermudah aktifitas manusia
Kerja Sama dengan Orang Tua
Identifikasilah benda-benda di rumahmu yang sanggup ditarik oleh magnet. Lakukan percobaan bersama orang tuamu.
Benda-benda di rumahku yang sanggup ditarik oleh magnet:
Alternatif Jawaban:
- Kunci
- Gembok
- Pisau
- Jarum
- Peniti
- Sendok yang terbuat dari besi
Baik sahabat semua demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Halaman 92, 93, 95, 96, 98, 100, 101 Buku Tematik Kelas 4 Tema 7. Semoga sanggup memperlihatkan manfaat untuk sahabat semua yang berkunjung di blog tematik ini.